Kudus (Antaranews Jateng) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan pada 2019 bisa meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Kudus menjadi 27  kilogram per kapita per tahun, kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus Fajar Nugroho.

"Berdasarkan data statistik, konsumsi ikan di Kabupaten Kudus saat ini berkisar 24,5 kg per kapita per tahun," ujarnya di Kudus, Kamis.

Tingkat konsumsi ikan tersebut, kata dia, cukup bagus jika dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan pada tahun 2012 tercatat hanya 12 kg per kapita per tahun.

Peningkatan yang terjadi, katanya, tidak terlepas dari sejumlah upaya Pemkab Kudus mendorong masyarakat untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikannya.

Selain mensosialisasikan program makan ikan kepada pelajar di Kabupaten Kudus, Dinas Pertanian dan Pangan juga mendorong kelompok pembudidaya ikan serta pengolah ikan untuk ikut berperan serta mendongkrak tingkat konsumsi masyarakat terhadap komoditas tersebut.
 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024