Magelang (Antaranews Jateng) - Balai Layanan Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Kota Magelang menyelenggarakan kampanye gerakan masyarakat sehat melalui jalan sehat dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional 2018 di daerah itu.
    
"Kita gunakan momentum ini sebagai kesempatan untuk memacu diri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," kata Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina dalam keterangan tertulis terkait dengan kegiatan itu di Magelang, Jumat.
    
Ia menjelaskan tentang pentingnya sosialisasi gerakan masyarakat sehat (germas) guna membangun budaya masyarakat untuk hidup sehat dan mengubah berbagai kebiasaan atau perilaku yang tidak sehat.
    
Ia mengharapkan angka kematian dan kesakitan akibat penyakit menular dan tidak menular dapat semkain berkurang.
    
"Selain itu, kualitas hidup meningkat dan pada akhirnya akan mendukung pembangunan dan kemajuan bangsa," kata dia.
    
Ia mengemukakan bahwa tema peringatan Hari Kesehatan Nasional 2018 "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita" menjadi inspirasi berbagai kalangan masyarakat setempat untuk membangun budaya berperilaku hidup sehat.
    
Pada kesempatan itu, ia menyampaikan sejumlah pesan, antara lain seluruh instansi kesehatan agar mengokohkan komitmen dalam meningkatkan aksesbilitas dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.
   
"Untuk masyarakat Kota Magelang, mari budayakan perilaku hidup sehat, biasakan enam langkah cuci tangan, lakukan aktivitas fisik disertai dengan konsumsi makanan bergizi, dan gaya hidup sehat," kata Windarti.
    
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan peringatan Hari Kesehatan Nasional harus ditindaklanjuti dengan membiasakan pola hidup bersih dan sehat oleh berbagai kalangan masyarakat.
    
"Mari hidup sehat mulai dari diri kita. Biasakan setiap hari makan makanan sehat, sayur, buah, protein. Cek kesehatan secara rutin," kata dia. (hms)
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024