Magelang (Antaranews Jateng) - Mobil VW Safari terbuka (open cab) kuno kini menjadi daya tarik baru wisatawan domestik dan mancanegara yang melancong di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

Koordinator VW Wisata Borobudur Apollo Widhiantmoko Banuaji di Magelang, Rabu, mengatakan wisata mengendarai mobil VW Safari diminati para wisatawan.

VW Safari kuno, yang pada tahun 1980-an dikenal sebagai mobil dinas camat tersebut dimodifikasi dengan cat warna-warna mencolok untuk tur wisatawan ke beberapa titik di sekitar kawasan Candi Borobudur.

Apollo mengatakan wisata VW menawarkan beberapa paket wisata kepada para wisatawan, antara lain paket tilik desa dengan rute Candi Borobudur ke beberapa Balai Ekonomi Desa (balkondes), wisata edukasi dengan mengunjungi sejumlah UMKM di sejumlah desa di sekitar kawasan Borobudur.

Selain itu, katanya wisata di luar kawasan Borobudur dengan tujuan antara lain wilayah Salam, Merbabu, dan Sumbing.

"Wisata di luar kawasan Borobudur, antara lain wisatawan dapat menikmati hutan rakyat, ?hutan pinus, rumah juang A. Yani di Candimulyo," katanya.

Ia mengatakan paket wisata tersebut dengan biaya per unit mobil antara Rp150 ribu hingga Rp450 ribu.

Ia menuturkan VW wisata saat ini mempunyai 70 anggota, yakni 30 unit beroperasi di kawasan Borobudur dan sisanya beroperasi di luar kawasan Borobudur.

Menurut dia, hari-hari ramai wisatawan yang memanfaatkan wisata VW, yakni pada liburan akhir pekan dan libur nasional. 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024