Semarang (Antaranews Jateng) - Masyarakat dari berbagai daerah di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah memadati  ruang terbuka Taman Indonesia Kaya, Kota Semarang, Sabtu malam, untuk menyaksikan pentas budaya perdana.

Masyarakat terlihat antusias menikmati tiap adegan pementasan teater rakyat di Taman Indonesia Kaya yang berjudul Misteri Sang Pangeran yang ditulis dan disutradarai oleh Agus Noor.

Pementasan Misteri Sang Pangeran menampilkan Prie GS, Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Susilo Nugroho, Sruti Respati, Sahita, Hargi Sundari, Novi Kalur, Rio Srundeng, Semarang Magic Community, Sanggar Greget Semarang, Jagoan Jagoan Jawa Tengah, Teater Djarum, dengan iringan musik dari Djaduk Ferianto dan Kuaetnika.

 "Pementasan ini mengambil bentuk dan spirit teater rakyat," kata Agus Noor.

Kisah yang ditampilkan pada malam ini, kata dia, juga diolah dari khasanah cerita rakyat Indonesia yang telah banyak berkembang sehingga masyarakat yang menonton dapat memetik hikmah dan kebajikan untuk melihat situasi pada hari ini.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, mengatakan bahwa Taman Indonesia Kaya merupakan taman dengan panggung seni pertunjukan terbuka pertama di Jawa Tengah yang ditujukan sebagai wadah ekspresi para seniman dan pekerja seni.

 "Sebagai komitmen Bakti Budaya Djarum Foundation untuk mengenalkan dan melestarikan seni budaya Indonesia, kami akan menyelenggarakan pertunjukan panggung budaya dan seni yang dapat dinikmati masyarakat setiap satu bulan sekali," katanya.

Sebagai pementasan perdana di Taman Indonesia Kaya yang diresmikan pada 10 Oktober 2018 itu, Bakti Budaya Djarum Foundation menggandeng para seniman dan kelompok seni untuk mempersembahkan pertunjukan budaya yang dikemas secara modern dengan memadukan unsur tarian, musik, nyanyian, dan drama romantis.

 "Kami harap pementasan ini dapat menjadi sajian akhir pekan yang menghibur dan dapat semakin menumbuhkan rasa cinta masyarakat Kota Semarang terhadap seni pertunjukan," ujarnya.

Sementara itu, Butet Kartaredjasa yang juga menjadi tim kreatif dari pementasan Misteri Sang Pangeran ini menambahkan, hadirnya Taman Indonesia Kaya di Kota Semarang memberikan angin segar bagi para seniman maupun komunitas seni, khususnya di Jawa Tengah.

 "Dengan adanya fasilitas panggung budaya, diharapkan juga semakin banyak seniman-seniman muda yang lahir dan memiliki ide dan gagasan yang lebih kreatif dalam mencipta karya dan memiliki karya seni pertunjukan yang dapat dinikmati oleh masyarakat, baik di dalam maupun luar negeri," katanya.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024