Semarang (Antaranews Jateng) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak kepala daerah mencontoh Presiden Joko Widodo dalam menghargai para atlet berbagai cabang olahraga.
    
Ganjar meminta bupati dan wali kota yang hadir dalam pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah XV Tahun 2018 di Stadion Sriwedari, Kota Surakarta, Jumat (19/10) malam, untuk memberi bantuan pembinaan dan penghargaan kepada atlet yang berlaga
    
"Untuk membangun olahraga nasional kita dari Jawa Tengah, mudah-mudahan pemprov, pemkot, dan pemkab akan meniru yang dilakukan Presiden Jokowi yang memberikan penghargaan sebelum keringat atlet mengering," katanya.
    
Porprov Jateng XV yang dilaksanakan pada 19-25 Oktober 2018 akan mempertandingkan 46 cabang olahraga dengan 693 nomor pertandingan dan total atlet yang akan mengikuti kegiatan ini sebanyak 6.343 atlet beserta ofisial sebanyak 1.864 orang.
    
Pada Porprov Jateng XV/2018, para atlet akan memperebutkan medali dengan rincian 693 medali emas, 693 medali perak, dan 952 medali perunggu.
    
Kepada para atlet, Ganjar mengisahkan bagaimana kebanggaan seluruh rakyat Indonesia atas prestasi yang diraih dalam ajang Asian Games dan Asian Paragames.
    
Bahkan, lanjut Ganjar, selain prestasi atlet yang melebihi target, Indonesia juga jadi perbincangan dunia sejak pembukaan hingga penutupan acara karena penuh dengan sajian yang memukau.
    
"Atlet-atlet terbaik dari seluruh kabupaten/kota se-Jateng berkumpul disini, olahraga inilah yang bisa mengibarkan sang saka ke ujung langit di seluruh dunia. Olahraga inilah yang bisa menurunkan suhu politik karena raihan prestasinya," ujarnya.
    
Ketua Pelaksana Porprov Jateng XV/2018 FX Hadi Rudyatmo menambahkan, selain Kota Surakarta sebagai tuan rumah dengan 24 gelanggang.
    
Selain itu juga ada beberapa gelanggang lain di antaranya 10 gelanggang di Kabupaten Sukoharjo, 6 gelanggang di Kabupaten Boyolali, dan 5 gelanggang di Kabupaten Karanganyar.
    
"Wonogiri juga ada 2 gelanggang, Kota Semarang ada 3 gelanggang, dan Kabupaten Sragen, Magelang, Klaten serta Blora masing-masing ada satu gelanggang," kata pria yang juga menjabat Wali Kota Surakarta itu.
    
Untuk menunjang semangat atlet bertanding, kata dia, panitia juga menjamin keselamatan dan kesehatan atlet juga ofisial dengan meneken kerja sama dengan BPJS.
    
Pihak pelaksana Porprov Jateng XV/2018 juga telah menyiapkan 14 dokter dan 120 tenaga medis.
    
Dalam pembukaan Porprov Jateng XV/2018, Gubernur Ganjar juga menyerahkan tali asih kepada sejumlah atlet Asian Paragames yakni Fredi Setiawan atlet bulu tangkis sebesar Rp270 juta, Suwati atlet tenis meja Rp100 juta, Prayetno Rp10 juta dan Isla sebesar Rp50 juta. (LHP)

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024