Pati (Antaranews Jateng) - Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kanbupaten Pati, Jawa Tengah, diminta mempercepat pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan karena sudah mendekati akhir tahun anggaran, kata Bupati Pati Haryanto.
   
"Meskipun pelaksanaan kegiatan harus dipercepat, kualitasnya tetap harus diperhatikan," ujarnya saat Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan triwulan ketiga serta evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di ruang Penjawi Setda Pati, Rabu.    

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Pati, semua Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.
     
Ia mengatakan kegiatan rakor pengendalian operasional kegiatan ini merupakan amanat UU nomor 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Regional, UU nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta Peraturan Bupati Pati nomor 74/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan APBD di Kabupaten Pati tahun 2018.
    
Dengan mempercepat pelaksanaan kegiatan, dia berharap, nantinya tidak terjadi penumpukan kegiatan di akhir tahun.
     
Apalagi, lanjut dia, Pemkab Pati bersama DPRD Pati baru saja mengesahkan Perubahan APBD 2018.
     
Ia mencontohkan untuk pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) dilakukan secara bertahap, sehingga harus didorong untuk segera dicairkan karena saat ini sudah di pertengahan Oktober 2018. 
   
"Sebentar lagi memasuki bulan November dan Desember 2018, sedangkan pada bulan Desember 2018 nanti efektifnya hanya setengah bulan," ujarnya.
     
Untuk itu, kata dia, semua OPD harus berpacu dalam menyelesaikan kegiatan yang sudah direncanakan dengan tidak mengabaikan kualitas.
     
"Jangan sampai punya prinsip bahwa yang penting di akhir tahun program terpenuhi, karena prinsip seperti itu tidak bagus," ujarnya.
     
Haryanto juga berharap agar semua OPD dapat mengevaluasi kekurangan yang ada,  sehingga bisa secepatnya dibenahi.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024