Semarang (Antaranews Jateng) - Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal berkeliling ke berbagai titik di Kota Semarang, Jawa Tengah, dalam rangkaian program kampanye antikorupsi pada 11-14 Oktober 2018.

"Ini merupakan kerja sama KPK dengan Pemerintah Kota Semarang," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Pemkot Semarang Wing Wiyarso di Semarang, Selasa.

Menurut dia, kampanye tersebut akan diisi dengan "roadshow" bus KPK dengan target sasaran masyarakat umum, baik pelajar, guru, mahasiswa, dosen, komunitas, dan masyarakat umum.

Ia menjelaskan kampanye tersebut mengajak keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi dengan meningkatkan kesadaran dan partisipasi publik untuk membantu pemerintah.

"Bus KPK ini akan berkeliling di sejumlah titik, seperti Kantor Pemkot Semarang, kampus Universitas Diponegoro Semarang, dan `area car free day` (CFD) di Simpang Lima Semarang," katanya.

Rencananya, kata dia, program kampanye tersebut akan dibuka oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi didampingi pimpinan KPK di halaman Balai Kota Semarang pada Kamis, 11 Oktober 2018.

Di hari yang sama, kata dia, digelar roadshow berbentuk "studium generale" di Undip bagi mahasiswa yang ingin menambah ilmu pengetahuan tentang KPK beserta seluk beluknya.

"Pada hari kedua dan ketiga, roadshow digelar di Kantor Pemkot Semarang. Nanti, ada kegiatan bagi siswa TK, seperti mendongeng antikorupsi, `playday boardgames` antikorupsi, dan sebagainya," katanya.

Untuk siswa SD, kata dia, digelar pula kegiatan serupa, termasuk nonton bareng film Sahabat Pemberani dan Simulasi Penyidik Cilik, kemudian untuk siswa SMP dan SMA juga sama.

Pada hari terakhir, yakni Minggu, 14/10, Wing menambahkan digelar roadshow di arena CFD di kawasan Simpang Lima Semarang yang akan diisi berbagai games, playday boardgame, dan pembagian suvenir.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Semarang untuk bergabung dan menyaksikan acara ini. Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan lebih paham mengenai peran KPK," katanya.

Dengan demikian, kata dia, semangat untuk bersama-sama mencegah dan memberantas korupsi akan terus tumbuh dalam diri seluruh lapisan masyarakat, khususnya Kota Semarang.   

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024