Solo (Antaranews Jateng) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan memberikan penghargaan Dharma Krida Bareya Adikarya Anugraha kepada pemerhati usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada penyelenggaraan "7th UNS SMEs Summit and Awards 2018".

"Salah satu tokoh yang kami berikan penghargaan ini yaitu Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI Triawan Munaf," kata Rektor UNS Ravik Karsidi di Solo, Selasa.

Meski demikian, menurutnya ada beberapa nama lain yang akan diberikan penghargaan atas jasanya dalam mengembangkan UMKM di dalam negeri.

Ia menjelaskan "7th UNS SMEs Summit and Awards 2018" merupakan event tahunan yang diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada pemerhati UMKM baik lembaga maupun perorangan atas perannya dalam memberdayakan UMKM.?

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil kajian, pengetahuan maupun pengalaman pemberdayaan UMKM baik dalam aspek sosial ekonomi maupun teknologi dari pemangku kebijakan, peneliti, dan pengabdi maupun praktisi untuk direkomendasikan ?sebagai arahan dan strategi pemberdayaan UMKM," terangnya.

Ia mengemukakan kegiatan tersebut juga menjadi sarana untuk membangun kerja sama dan sinergitas para pemangku kepentingan di antaranya lembaga pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, dan LSM dalam pemberdayaan UMKM.

Adapun rangkaian kegiatan akan dibuka oleh pameran produk UMKM pada tanggal 10 hingga 12 Oktober 2018 di Auditorium UNS.?

"Peserta stan yang mengikuti pameran ini adalah UMKM dampingan instansi dan perusahaan yang telah fokus dalam pengembangan UMKM melalui program PK-BL/CSR dan UMKM Binaan PSP KUMKM UNS," ujarnya.

Selanjutnya, pada tanggal 11 Oktober akan diselenggarakan pula Seminar International "Conference on Small And Medium Enterprise Empowerment" (ICSMEE) dengan tema "Enhancing Small Medium Enterprise Competitiveness Based on Creative Economy in Innovation Disruptions".?

"Kami juga akan menyelenggarakan talkshow `UMKM Naik Kelas` pada tanggal 12 Oktober dan di tanggal 13 Oktober kami akan memberikan penghargaan kepada pemerhati UMKM," katanya.

Sementara itu, Ketua Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM) LPPM UNS Heru Irianto menambahkan dalam penganugerahan "7th UNS SMEs Summit and Awards 2018" terseleksi 11 kategori, yaitu Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik, Pengelola Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan Swasta Aneka Tambang Pelaksana CSR Pengembang UMKM Terbaik, BUMN Pertambangan (Minyak dan Gas) Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik Berbasis Zero Waste, BUMN Pertambangan (Minyak dan Gas) Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik Berbasis Ekonomi Kreatif.

Selain itu juga Perusahaan Swasta Peternakan Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan Swasta Convenience Good Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan BUMN Transportasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan BUMN Industri Transportasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan BUMN telekomunikasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, dan Perorangan Peduli Pengembangan UMKM Terbaik.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024