Semarang (Antaranews Jateng) - Jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyiapkan sejumlah tenaga kesehatan untuk membantu penanganan pascagempa dan tsunami di Kota Palu dan sekitarnya, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kami mendapat instruksi dari Bapak Gubernur agar bersana BPBD dan Dinas Sosial membantu saudara kita di Sulawesi Tengah, kami sudah menyiapkan tenaga kesehatan yang akan diberangkatkan kesana," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo di Semarang, Senin.

Ia menyebutkan, tenaga kesehatan yang sudah disiapkan dan akan dikirim ke Sulteng itu terdiri dari dokter spesialis, dokter ortopedi, dokter anestesi, dokter umum, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya.

Terkait dengan jumlah tenaga kesehatan asal Jateng yang akan diperbantukan di lokasi bencana, ia mengaku akan berkoordinasi dulu dengan jajaran BPBD Jateng.

"Jumlahnya nanti kita kirim untuk (bertugas) satu minggu dulu, yang jelas saya akan mengikuti koordinator, dalam hal ini BPBD dan pada prinsipnya kabupaten/kota siap mendukung," ujarnya.

Berkaca dari penanganan pascagempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, beberapa waktu lalu, Yulianto mengaku sudah mempunyai gambaran apa saja yang akan dilakukan petugas gabungan setibanya di lokasi bencana.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana menambahkan, sesuai perintah gubernur telah menyiapkan personel beserta sarana prasarana, dan bantuan untuk diberangkatkan ke Sulteng.

"Rencana berangkat tanggal 6 Oktober 2018 dari Semarang pakai kapal, kemudian transit Surabaya dulu, tanggal 7 Oktober 2018? baru kesana," katanya.

Rencananya, BPBD Jateng akan membuka dapur umum di beberapa titik dan menyalurkan bantuan logistik.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024