Sukoharjo  (Antaranews Jateng) - Pengusaha muda yang saat ini sebagai Calon  Wakil Presiden RI Sandiaga Salahudin Uno menularkan virus kewirausahaan kepada ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ketika menyampaikan kuliah umum di kampus tersebut.

     "Ini menunjukkan masa depan Indonesia yang cerah, kalau kita bisa konversi minat dan aspirasi dari generasi milenial untuk jadi wirausaha dan membuka lapangan kerja," kata Sandiaga di Kabupaten Sukoharjo, Sabtu.

     Menurut Sandiaga, untuk bisa sukses, ada empat prinsip yang harus diterapkan, yaitu kerja keras, kerja cerdas, tuntas, dan ikhlas.

     Sandiaga juga menilai UMS sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia bisa menjadi lokomotif dan mitra strategis untuk mengembangkan kewirausahaan dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

     Pada kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengenalkan konsep oke oce kepada para mahasiswa. Ke depan, ia ingin mendorong setiap kampus memiliki pusat kewirausahaan.

     "Dengan begitu, para lulusan perguruan tinggi bukan lagi fokus mencari pekerjaan, melainkan bagaimana menciptakan lapangan kerja," kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, kewirausahaan mampu memberdayakan UMKM dan membangkitkan perekonomian bangsa.

     "Pada prinsipnya peluang dan potensi kita luar biasa. Kembangkan potensi, ubah pola pikir bangsa," kata Sandiaga.

 Sementara itu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa mahasiswa harus menentukan tujuan ingin menjadi apa agar bisa sukses.

"Ini memotivasi, tentukan kamu mau jadi apa, perjuangkan. Banyak baca, insyaallah, bisa," kata Zulkifli yang juga Ketua Umum Parta Amanat Nasional (PAN).

Pewarta : Aris Wasita
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024