Solo (Antaranews Jateng) - Pengumuman penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 memberi berkah bagi pedagang buku di kawasan Sriwedari Solo, Jawa Tengah karena buku berisi soal-soal tes CPNS banyak diburu calon peserta tes CPNS. 

Bahkan, menurut penelusuran di kios-kios buku di kawasan Sriwedari Solo, Jumat, sejumlah kio buku kehabisan stok karena dalam beberapa hari terakhir ini diburu para pembeli.

"Saat ini banyak yang beli buku soal-soal tes CPNS," kata pemilik Toko Buku Maju 234 Mushowab di Solo, Kamis.

Ia mengatakan dalam satu hari belasan buku soal tes CPNS bisa terjual. Bahkan, dikatakannya, beberapa buku soal tes CPNS stoknya sudah habis sehingga dia harus mendatangkan kembali jenis buku yang sama. Padahal pada hari biasa, belum tentu satu buku soal tes CPNS bisa terjual.

"Maunya menambah stok lagi tapi sekarang agak sulit mendapatkannya karena pedagang lain juga cari buku yang sama untuk dijual," katanya.

Menurut dia, buku-buku yang dijualnya tersebut didatangkan dari beberapakota lain melalui pemasok, salah satunya Jakarta.

"Sebetulnya isi buku hampir sama, soal-soalnya sama, hanya sampul dan susunannya kadang berbeda," katanya.

Ia mengatakan pembukaan pendaftaran CPNS yang dilakukan secara serentak tersebut membuat buku soal tes CPNS lebih laku dibandingkan buku-buku pelajaran yang selama ini mendominasi penjualan. 

Senada, pedagang lain Eka Siti Zulaikha mengaku juga kebanjiran permintaan buku tes CPNS. Meski penjualan meningkat, pemilik kios buku nomor 25 dan 26 tersebut tidak meningkatkan harga jual buku.

"Kisaran harganya Rp135-150 ribu, tergantung penerbit masing-masing," katanya.

Ia mengaku peningkatan permintaan sudah terjadi sejak bulan Juli. Meski demikian, makin hari permintannya makin meningkat.

"Selama bulan September ini permintaan buku tes CPNS setiap harinya bisa mencapai 15 buku," katanya.

 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024