Cilacap (Antaranews Jateng) - Seorang bocah yang dilaporkan tenggelam di Sungai Citanduy, Dusun Karanganyar RT03/RW04, Desa Madura, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, kata Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap Mulwahyono.

"Jenazah Aditya Firmansyah (12), anak dari Su`eb, warga Desa Madura RT02/RW03, Kecamatan Wanareja, Cilacap, berhasil ditemukan pada pukul 07.45 WIB dengan cara penyelaman lebih kurang selama lima menit di sekitar lokasi kejadian," katanya di Cilacap, Kamis.

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, kata dia, jenazah Aditya Firmansyah segera dibawa ke rumah duka guna menjalani proses pemakaman.

Dengan ditemukannya jenazah Aditya, lanjut dia, operasi SAR dalam rangka pencarian korban tenggelam di Sungai Citanduy secara resmi ditutup dan seluruh personel yang terlibat telah kembali ke pangkalan masing-masing.

"Selain Basarnas Pos SAR Cilacap, operasi ini juga melibatkan personel Polsek Wanareja, Koramil Wanareja, Satpol PP Wanareja, SAR MTA, Cilacap Rescue, RAPI Cilacap, dan BPBD Kota Banjar, Jawa Barat, serta dibantu warga sekitar," katanya.

Peristiwa nahas yang dialami Aditya Firmansyah terjadi pada Rabu (19/9), sekitar pukul 14.00 WIB, saat korban bersama rekannya berenang menyeberangi Sungai Citanduy yang merupakan batas wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat itu.

Oleh karena tanpa menggunakan pelampung dan tidak kuat menahan derasnya arus sungai, korban hanyut hingga akhirnya tenggelam.

Basarnas Pos SAR Cilacap yang menerima informasi kejadian tersebut segera menerjunkan satu regu Basarnas guna bergabung dengan potensi SAR lainnya yang telah lebih dahulu di lokasi untuk mencari korban.

Akan tetapi, hingga Rabu (19/9) malam, upaya pencarian korban belum membuahkan hasil sehingga operasi SAR dilanjutkan pada Kamis (20/9) pagi.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024