Purwokerto (Antaranews Jateng) - Wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diharapkan tetap kondusif menjelang Pemilu 2019 seperti halnya saat Pilkada Serentak 2018, kata Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun.
 
   "Sampai saat ini untuk wilayah Kabupaten Banyumas sangat kondusif seperti yang sudah berlalu, Pilkada 2018 juga berlangsung dengan sangat luar biasa sekali," katanya usai Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2018 di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu sore.

     Terkait dengan hal itu, dia menyampaikan terima kasih atas kebijaksanaan dan kedewasaan masyarakat Banyumas sehingga situasi tetap kondusif.

     Kendati situasi menjelang Pemilu 2019 masih terpantau landai dan kondusif, dia mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangannya termasuk melakukan rapat koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum, dan pihak-pihak lainnya.

     "Kita harus yakinkan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Patroli rutin dilakukan setiap malam, wajib, dan di jam-jam yang dianggap rawan pun pasti dilaksanakan operasi," katanya.

     Bahkan, kata dia, pengamanan di tempat-tempat yang akan digunakan untuk kampanye calon anggota legislatif juga akan dilakukan termasuk di jalur yang sekiranya akan ada kerawanan.

     Lebih lanjut, Kapolres mengatakan di wilayah Kabupaten Banyumas ada 741 calon legislator yang akan melaksanakan kegiatan kampanye mulai tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019.

     "Khusus untuk calon anggota DPRD Kabupaten Banyumas saja ada 505 orang, belum lagi untuk DPR RI, DPRD provinsi, maupun DPD RI," katanya.

     Oleh karena itu, kata dia, pihaknya berusaha meyakinkan semuanya siap melaksanakan rangkaian kegiatan menjelang Pemilu 2019 demi terciptanya suasana aman, damai, dan sejuk.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024