Magelang (Antaranews Jateng) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berharap balai ekonomi desa (balkondes) yang dibangun oleh sejumlah BUMN di sekitar kawasan Candi Borobudur dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Harapan tersebut disampaikam Menteri BUMN di Balkondes Ngargogondo di Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis, usai meninjau sejumlah balkondes berkaitan kesiapan untuk menerima delegasi International Council of Women (ICW).

Ia menuturkan pada dasarmnya balkondes nanti menjadi milik desa, BUMN hanya turut membantu pembanunannya, maka supaya dapat dijaga dan dikembangkan untuk pelayanan kepada para pengunjung. 

Ia mengatakan program ini muncul karena BUMN melihat di daerah Borobudur ini masyarakatnya belum sejahtera, desa-desanya belum sejahtera maka dibuat program ini sejak 2016.

"Alhamdulillah betul, balkondes yang sudah berjalan betul-betul bisa menambah pendapatan sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

Ia menuturkan dengan balkondes ini banyak aktivitas yang dilakukan sehingga bisa menambah pendapatan desa dan tentu akan memberikan kesejahteraan lebih baik kepada warga desa setempat.

Di Kecamatan Borobudur terdapat 20 desa dan setiap BUMN membangun sebuah balkondes di salah satu desa.

Ia menyebutkan saat ini sudah ada 19 balkondes dan salah satu desa belum bisa dibangun balkondes karena tidak tersedia lahan.  

"Persoalannya adalah tersedianya lahan dari desa, kalau tidak ada lahan susuh untuk membangun balkondes," katanya. 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024