Solo (Antaranews Jateng) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggandeng Universitas Muhadi Setiabudi (Umus) Brebes untuk meningkatkan kualitas dokter lulusan kedua universitas tersebut.

     "Pada kerja sama ini disepakati untuk menjalin kerja sama kemitraan dengan membuat nota kesepahaman bersama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka rintisan program studi kedokteran dan program profesi dokter di Universitas Muhadi Setya Budi," kata Wakil Rektor IV UNS Widodo di Solo, Rabu.

     Ia mengatakan nota kesepahaman bersama tersebut disepakati bersama dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

     Dekan FK UNS Hartono mengatakan kerja sama tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

     "Kerja sama ini bertujuan melaksanakan hubungan kerja kelembagaan dan kemitraan antara UNS dan Umus dalam rangka rintisan pendirian prodi kedokteran dan profesi dokter," katanya.

     Sementara itu, Rektor Umus Roby Setiadi mengatakan ruang lingkup kerja sama juga meliputi konsultasi pengembangan kurikulum berbasis kompetensi program pendidikan dokter pada tahap sarjana kedokteran dan tahap profesi dokter dalam rangka pendirian program studi kedokteran.

     "Selain itu, juga konsultasi pengembangan rumah sakit pendidikan dan wahana pendidikan tahap profesi dokter," katanya.

     Selanjutnya, dikatakannya, pemberian kesempatan untuk mengikuti kursus, pelatihan, dan lokakarya untuk pengembangan pendidikan.

     Ia juga mengaku siap melakukan tukar-menukar informasi terkait pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan kedokteran serta kegiatan-kegiatan pendidikan lain yang disepakati oleh UNS dan Umus.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024