Purbalingga (Antaranews Jateng) - Sebanyak 15.000 wisatawan ditargetkan mengunjungi kegiatan Festival Gunung Slamet (FGS) 2018 yang digelar di Desa Serang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada 27-29 September, kata Kepala Desa Serang Sugito.

"Kami menargetkan sedikitnya 5.000 wisatawan per hari atau 15.000 wisatawan selama pergelaran FGS 2018 yang digelar selama tiga hari," katanya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Rabu.

Kendati kegiatan tersebut akan digelar pada akhir bulan September, kata dia, puluhan "homestay" yang ada di Desa Serang telah habis dipesan oleh wisatawan.

Ia mengatakan wisatawan yang hendak bermalam di Desa Serang selama pergelaran FGS 2018 namun belum memperoleh tempat menginap tidak perlu khawatir karena sejumlah rumah warga yang belum dijadikan sebagai "homestay" siap disewakan.

"Untuk sewa kamar di rumah-rumah warga sebesar Rp50.000 per kamar dan penyewanya mendapat makan satu kali," katanya.

Lebih lanjut, Sugito mengatakan pergelaran FGS 2018 murni swadaya masyarakat dengan sumber dana berasal dari sumbangan warga Desa Serang sebagai upaya pelestarian budaya dan promosi pariwisata di lereng sebelah timur Gunung Slamet.

Menurut dia, rangkaian kegiatan dalam FGS 2018 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena ada beberapa perubahan susunan acara.

"Biasanya, prosesi pengambilan air dari Tuk Sikopyah dilakukan pada hari pertama dan selanjutnya disemayamkan sebelum ruwatan, namun dalam kegiatan kali ini dilakukan pada hari kedua dan langsung ruwatan. Dengan demikian, kegiatan pada hari pertama FGS 2018 diisi berbagaia atraksi bernuansa religi," katanya.

Selain itu, kata dia, FGS 2018 juga diisi dengan pawai budaya, festival "ebeg" (kuda lumping), perang tomat, dan sebagainya.

Ia mengatakan wisatawan juga akan dihibur dengan penampilan Andra and The Backbone yang digelar pada hari terakhir kegiatan FGS 2018.

"Seluruh kegiatan akan dipusatkan di D`Las (Desa Wisata Lembah Asri Serang). Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 dan khusus untuk pergelaran Andra and The Backbone dipungut tiket masuk sebesar Rp50.000," katanya. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024