Batang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Batang bekerja sama dengan biro perjalanan wisata pantura barat akan menggelar kegiatan "Pantura Tourism Expo Ke-2" pada 15-16 September 2018.
     
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang Wahyu Budi Santosa di Batang, Rabu, mengatakan bahwa pada kegiatan promosi pariwisata tersebut, pemkab dan biro perjalanan wisata pantura barat akan mengundang ratusan "buyer" dan "seller" dari sejumlah kabupaten/kota di Indonesia.
     
"Kami undang 350 sampai 400 'buyer' dan 'seller' dari berbagai kota di Indonesia, antara lain dari Jakarta, Lombok, Medan, Bali, dan Kalimantan yang nantinya akan membantu mempromosikan wisata dan UMKM Kabupaten Batang dan Pekalongan," katanya.
     
Ia mengatakan pembukaan "Pantura Tourism Expo" juga akan dilaksanakan di pendopo Kabupaten Batang dengan disajikan 15 stan produk UMKM dan potensi wisata serta 11 stan peserta dari kabupaten/kota seperti Kendal, Pemalang, Wonosobo, Kabupaten/Kota Pekalongan, Salatiga, Banjarnegara, dan Banyumas.
     
Kemudian, kata dia, akan dilanjutkan kegiatan tur kota yang dibagi menjadi tiga rombongan, yaitu pertama Batang Utara akan meninjau galangan kapal, objek wisata Dholpin Center, dan Pantai Ujungnegoro, rombongan kedua ke Batang selatan yang meliputi Si Kembang dan Arung Jeram Pandanasari, dan ketiga akan melihat produk UMKM serta pembuatan emping di Kecamatan Limpung, produk kopi di Sempu, Tersono, Tombo, dan Silurah.
     
"Selain itu, kami akan menyuguhkan wisata kuliner di Alun-Alun Batang. Kegiatan 'Pantura Tourism Expo' ini juga sebagai ajang promosi yang sangat efektif karena akan dihadiri oleh biro perjalanan wisata yang nantinya akan menjual paket wisata di Batang dan Pekalongan ke daerah lain," katanya.
     
Ia mengatakan kegiatan itu satu rangkaian program Pemkab Batang untuk menyukseskan "Visit to Batang 2022".
     
"'Pantura Tourism Expo' tersebut ini akan menjadi ajang promosi wisata paling efektif untuk  menyukseskan program 'Visit to Batang 2022' karena langsung dihadiri semua biro perjalanan. Kami berharap pada biro perjalanan bisa menjadwalkan paketan wisata di Kabupaten Batang untuk sukseskan 'Visit Batang 2022'," katanya.

 
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024