Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mulai memasuki musim penghujan pada pertengahan bulan Oktober.

"Sebagian kecil wilayah di Banjarnegara diprakirakan akan memasuki musim penghujan pada pertengahan Oktober," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Jumat.

Selain itu, sebagian kecil wilayah Kebumen dan Banyumas juga diprakirakan memasuki musim hujan pada pertengahan Oktober.

Sementara sebagian Pekalongan bagian selatan, sebagian Purbalingga bagian utara dan barat laut Banjarnegara, serta sebagian kecil Pemalang selatan diprakirakan memasuki musim hujan pada awal Oktober.

"Sementara Kabupaten Wonosobo, sebagian Banyumas dan Banjarnegara, sebagian Purbalingga dan Magelang, diprakirakan memasuki musim hujan pada awal Oktober," katanya.

Sebelumnya, stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara kembali mengingatkan seluruh masyarakat setempat terkait potensi kekeringan di sejumlah wilayah di kabupaten tersebut.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil analisa BMKG, musim kemarau tahun ini lebih kering dibanding tahun lalu yakni lebih lama satu hingga tiga dasarian.

"Dan diprakirakan musim hujan akan mulai sekitar awal Oktober," katanya.

Karena itu, untuk mengantisipasi dampak kekeringan, BMKG mengajak masyarakat terdampak untuk menghemat penggunaan air.

"Mari bersama-sama menggunakan air secara bijak dan efisien," katanya.
     

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024