Solo (Antaranews Jateng) - PT Pertamina (Persero) akan menambah alokasi elpiji subsidi atau ukuran tabung 3 kg untuk kebutuhan Idul Adha di wilayah Soloraya.

"Langkah ini kami lakukan untuk mengantisipasi kelangkaan akibat tingginya kebutuhan masyarakat jelang Hari Raya Idul Adha," kata Sales Eksekutif Elpiji Region IV Pertamina Adeka Sangtraga Hitapriya di Solo, Senin.

Ia mengatakan penambahan alokasi akan dilakukan mulai tanggal 20-31 Agustus 2018. Ia memprediksi pada momentum tersebut tingkat konsumsi masyarakat terhadap elpiji akan mengalami kenaikan cukup signifikan.

Dia mengatakan bahwa penambahan elpiji di Soloraya selama periode tersebut rencananya sebanyak 148.720?tabung dengan perincian untuk Kabupaten Boyolali sebanyak?19.040?tabung dan Kabupaten Karanganyar sebanyak?20.720 tabung.

Selanjutnya, untuk Klaten sebanyak?21.840 tabung, Surakarta 26.080?tabung, Sragen?23.520 tabung, Sukoharjo 24.080 tabung,?dan Kabupaten Wonogiri sebanyak?13.440?tabung.?

"Dengan adanya alokasi tambahan ini harapannya kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi sehingga Pertamina tidak perlu melakukan operasi pasar," katanya.

Selain mengantisipasi kelangkaan akibat tingginya konsumsi masyarakat saat Idul Adha, penambahan juga dilakukan karena pada momentum tersebut biasanya banyak orang menggelar hajatan sehingga membutuhkan banyak bahan bakar.

Sementara itu, disinggung mengenai isu kelangkaan elpiji melon yang terjadi di sejumlah daerah, dikatakannya, bukan karena adanya pengurangan alokasi tetapi akibat dari keterlambatan suplai.

"Pada hari Minggu kemarin sempat terhenti karena libur, jadi mengganggu suplai," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024