Solo (Antaranews Jateng) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berharap Fakultas Keolahragaan (FKor) mampu menghasilkan lulusan berkualitas dan profesional di bidangnya seiring dengan mulai dibukanya prodi tersebut per Senin (13/8).
     "Kami juga berharap FKor ini bisa berperan aktif dalan mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata Rektor UNS Ravik Karsidi di Solo, Minggu.
     Selain itu, pihaknya berharap fakultas tersebut mampu memberikan dampak yang strategis pada perkembangan keolahragaan di tingkat nasional dan internasional.
     Terkait dengan didirikannya FKor tersebut, dikatakannya, UNS telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti, di antaranya tersedianya tenaga pengajar dan tenaga pendidikan yang profesional untuk mengelola progam S-1, S-2, dan S3. 
     "Selain itu, sarana penunjang seperti gedung perkuliahan, fasilitas, dan peralatan pembelajaran mahasiswa lainnya juga sudah lengkap sehingga sangat layak menjadi fakultas," katanya.
     Ravik juga optimistis FKor akan mampu menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa karena selama ini peminat jurusan olahraga terbilang sudah cukup tinggi. Bahkan akreditasi Progam Studi Olahraga di UNS juga sudah mendapatkan akreditasi A.  
     Adapun, dikatakannya, fakultas tersebut merupakan pengembangan dari program studi Kepelatihan dan prodi Jasmani dan Rekreasi yang sebelumnya menginduk pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). 
     Ia mengatakan FKor tersebut nantinya akan memiliki prodi Program Sarjana (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.
     "Kami juga akan ada Program Magister (S2) Ilmu Keolahragaan serta Program Doktor (S3) Ilmu Keolahragaan.
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Zuhdiar Laeis
Copyright © ANTARA 2024