Purbalingga (Antaranews Jateng) - Pelaksana Tugas Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menggagas pembangunan wisata edukasi peternakan (farm house) dengan memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

"Saya berharap Kabupaten Purbalingga mulai menggagas adanya wisata edukasi peternakan atau `farm house`," katanya saat Gelar Potensi Peternakan 2018 yang bertemakan "Peternakan Maju Rakyat Sejahtera" di Pasar Hewan Purbalingga, Selasa.

Menurut dia, wisata edukasi peternakan itu dapat memanfaatkan lahan milik Pemerintah Kabupaten Purbalingga di sekitar Dusun Pekajen, Desa Karangjengkol, dan Desa Cendana yang masih menganggur atau tidak diberdayakan.

Ia mengatakan luas lahan tersebut mencapai 53 hektare sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk wisata edukasi peternakan yang saat sekarang sedang "booming".

"Kalau kita berkunjung ke Bogor, Lembang, Bandung, itu banyak sekali `farm house`. Di sana anak kecil bisa memberi makan langsung kambing, sapi, perah susu, saya ingin itu juga ada di Purbalingga," katanya.

Jika wisata edukasi peternakan ini bisa terwujud, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan menambah destinasi wisata edukasi di Kabupaten Purbalingga.

Seperti diketahui, Kabupaten Purbalingga memiliki beragam destinasi wisata edukasi, di antaranya Sanggaluri Park yang dikelola Perusahaan Daerah Objek Wisata Bojongsari.

Di Sanggaluri Park terdapat sejumlah objek menarik seperti Taman Reptil dan Serangga, Museum Uang, serta Museum Wayang.

Selain Sanggaluri Park, ada pula Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas yang dikelola swasta.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024