Solo (Antaranews Jateng) - Sejumlah artis nasional memeriahkan pergelaran Harmoni Pasar Klewer di Halaman Balai Kota Surakarta Jumat (3/8) sore.

    Pantauan di lapangan di Solo, Jumat, acara yang dimulai pada pukul 16.00 WIB tersebut dibuka oleh penampilan Via Vallen dengan membawakan lagu Meraih Bintang. Ratusan penonton terlihat menikmati sajian yang rencananya akan diselenggarakan secara tahunan ini.

     Adapun, Harmoni Pasar Klewer merupakan acara yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pada pembukaannya, Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan event tersebut merupakan upaya BRI untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah utamanya di Kota Solo.

     "Selain menikmati konser musik, masyarakat yang hadir juga dapat berbelanja karena terdapat berbagai macam tenant yang tentunya menarik perhatian, seperti tenant kuliner, pernak-pernik, dan kerajinan tangan khas Solo," katanya.

     Selama pergelaran Harmoni Pasar Klewer, BRI juga memberikan banyak promo menarik bagi masyarakat, di antaranya bagi nasabah kartu kredit BRI Wonderful Indonesia mendapatkan diskon 10 persen paket "individual trip" ke Solo.

     Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata RI Esthy Reko Astuti mengatakan dari data kementerian, saat ini Kota Solo memiliki sebanyak 61 event dalam satu tahun.

     "Saya hanya ingin memotivasi, bahwa ada satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki hampir 80 event dalam satu tahunnya. Harapannya ini bisa menjadi motivasi Kota Solo dan daerah lain," katanya.

     Ia mengatakan bahwa Harmoni Pasar Klewer ini bisa memperkaya "calender of event" yang ada di Kota Solo. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusivitas acara.

     "Ada tiga yang harus diperhatikan, yaitu 'place' (tempat, red), 'profit' (keuntungan, red), dan 'people' (masyarakat, red). Pada prinsipnya acara ini harus mampu memberdayakan masyarakat lokal," katanya.

     Sementara itu, selain Via Vallen, beberapa artis yang juga menjadi pengisi acara tersebut, di antaranya Tulus, Raisa, Kahitna, GAC, Andra and The Backbone, dan Glenn Fredly.
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024