Solo (Antaranews Jateng) - Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta mewacanakan pembentukan Sekretariat Bersama (Sekber) untuk memajukan potensi ekonomi di kedua wilayah.

"Potensi ini di antaranya dari sisi bisnis, pariwisata, dan kuliner," kata Wakil Ketua Kadin Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Gonang pada kunjungannya di Kantor Kadin Surakarta, Jawa Tengah, Kamis.

Ia berharap wacana tersebut dapat segera terealisasikan sehingga sejumlah upaya untuk memajukan potensi ekonomi di kedua wilayah bisa segera dilaksanakan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Kadin Surakarta Daryono mengatakan pembentukan sekber tersebut sangat strategis karena sesuai dengan kebijakan Kementerian Pariwisata yang menjadikan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar) sebagai salah satu destinasi wisata dunia.

"Salah satu hal yang paling mudah dan bisa cepat terlaksana jika sekber ini sudah terbentuk, yaitu paket wisata bersama yang menggabungkan destinasi di dua wilayah ini," katanya.

Selain itu, dikatakannya, masing-masing anggota Kadin bisa saling mempromosikan potensi wisata yang ada di daerah lain. Misalnya Kadin Surakarta bisa mempromosikan destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, sebaliknya Kadin Yogyakarta juga melakukan hal serupa terhadap Solo.

Ia mengatakan melalui kerja sama tersebut para wisatawan juga akan terbantu memilih destinasi menarik dari dua daerah ini.

"Misalnya nanti wisatawan mancanegara berwisata selama tiga hari, mungkin bisa dibagi, dua hari menginap di Yogyakarta dan sehari di Solo," katanya.

Ia mengatakan melihat potensi yang ada, para wisatawan bisa melakukan wisata alam di Yogyakarta, sedangkan untuk wisata belanja dan kuliner bisa ke Solo.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024