Boyolali (Antaranews Jateng) - PT Jasa Raharja (Persero) memberangkatkan masyarakat yang mengikuti program Mudik Bareng BUMN 2018 dengan tema "Mudik Bareng Guyub Rukun" dari Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali menuju Jakarta, Sabtu, sebanyak 3.858 penumpang.

Program mudik bareng bersama BUMN tersebut diberangkatkan Kepala Polda Jateng Irjen Polisi Condro Kirono yang didampingi oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja  Budi Raharjo di halaman Asrama Haji Donohudan Boyolali Jawa Tengah.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Raharjo program mudik bareng guyub rukun yang dilakukan oleh Jasa Raharja disambut antusias oleh masyarakat yang memanfaatkan untuk pulang ke kampung halamannya pada liburan Lebaran ini.

"Kami menyediakan 70 bus dengan kapasitas 3.858 orang, juga kereta api sebanyak 32 gerbong dengan saya muat 1.216 orang pada arus balik dari Solo," kata Budi.
 
Selain itu, Jasa Raharja juga memberangkatkan pemudik pada arus balik ini dari Surabaya dan Malang. Kegiatan mudik bareng in dilaksanakan 3 tahun terakhir ini, dan setiap tahunnya  ada peningkatkan sekitar 16,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

 "Kami setiap tahun melakukan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan agar pemudik bisa merasakan nyaman, aman, dan selamat, " katanya.      

Dia mengatakan pihaknya selain bus, juga dengan memberangkatkan pemudik melalui Stasiun Purwosari Solo sebanyak dua rangkaian atau 16 gerbong Ka yang akan diberangkatkan menuju Jakarta Sabtu petang dan Minggu (24/6), dengan jumlah peserta mencapai 1.216 orang.

Selain itu, pihaknya juga memberangkatkan pemudik melalui Stasiun Pasarturi Surabaya sebanyak satu rangkaian atau delapan gerbong Ka,  dan diberangkatkan Sabtu ini, menuju Jakarta , jumlah peserta 608 orang.
 
 Stasiun Kota Malang, Malang sebanyak satu rangkaian atau delapan gerbong Ka menuju Jakarta," katanya.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan pada program mudik bareng dengan tema Mudik Bareng Guyub Rukun tersebut ribuan orang dari Solo dan sekitarnya dengan sebanyak 70 armada bus tujuan Jakarta sangat membantu masyarakat.

"Program arus balik yang difasilitasi oleh Jasa Raharja memberangkatkan peserta mudik kembali ke Jakarta pada Sabtu dan Minggu (24/6), sangat membantu masyarakat dan harus bersyukur," kata Kapolda.

Pemerintah melalui BUMN dengan ini Jasa Raharja telah menyiapkan bus-bus untuk balik bareng, kata Kapolda, hal itu selain sangat membantu kelancaran arus lalu lintas, sekaligus membantu perekonomian masyarakat. Mereka karena jika satu keluarga bisa mengeluarkan biaya sekitar Rp3 juta.

Oleh karena itu, kata dia, dengan program Mudik Bareng Guyub Rukun tersebut biaya mudik mereka dapat untuk Lebaran bersama keluarganya di kampungnya. Bahkan, kondisi infrastruktur sekarang juga sangat membantu kelancaran arus mudik di Jateng. 


 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024