Purwokerto (Antaranews Jateng) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Jawa Tengah menginformasikan bahwa visa calon haji di wilayah setempat akan diajukan pada pertengahan bulan Juni 2018.

     "Untuk Banyumas karena gelombang dua akhir, visa diajukan pertengahan bulan Juni 2018," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Banyumas Amirudin di Purwokerto, Minggu.

     Dia juga mengingatkan seluruh calon haji Banyumas agar menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengajuan visa tersebut.

     "Prosedur pengajuan visa, paspor dipisah sesuai dengan kloternya dilampiri lembar merah pelunasan BPIH dan foto kopi KTP elektronik. Setelah itu sampul paspor diberi stiker kloter embarkasi dan daerah asal, serta pas foto terbaru," katanya.

     Setelah itu, kata dia, visa calon haji akan diajukan secara kolektif.

     "Visa akan diajukan ke Kedutaan Besar Arab Saudi melalui Kementerian Agama Pusat, lewat Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah," katanya.

     Dia menambahkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Jawa Tengah akan memberangkatkan 1.115 calon haji mulai tanggal 13 Agustus 2018 mendatang.

     "Pada saat ini sudah dapat dipastikan 1.115 calon haji Banyumas akan diberangkatkan ke Tanah Suci," katanya.

     Dia juga memastikan bahwa 1.115 calon haji tersebut akan dibagi dalam empat kloter.

     Empat kloter dimaksud antara lain kloter 89 sebanyak 58 orang, kloter 90 sebanyak 355 orang dan kloter 91 sebanyak 355 orang.

     "Dan sisanya akan diberangkatkan pada kloter 92," katanya.

     Dia menambahkan, pelaksanaan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Kabupaten Banyumas telah berakhir dan berjalan dengan lancar.

     "Tanggal 25 Mei 2018 kemarin adalah hari terakhir pelaksanaan pelunasan BPIH tahap kedua, dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar," katanya.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024