Semarang (Antaranews Jateng) - Yayasan Solusi Zakat Indonesia menyerahkan bantuan berupa perlengkapan ibadah secara gratis untuk para pengungsi Rohingya.

Koordinator Program Penyaluran Solusi Zakat Bayu Eka Kumara menjelaskan penyerahan bantuan untuk 79 pengungsi Rohingya yang terdampar di Laut Kuala Raja Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen Aceh tersebut diserahkan langsung di Barak pengungsi Rohingya Gedung SKB Kecamatan Kota Juang Aceh, Minggu (20/5).

Bagi pengungsi laki-laki mendapatkan bantuan alat-alat ibadah yakni baju koko dan sajadah, sedang untuk pengungsi perempuan mendapat bantuan berupa mukena dan jilbab (hijab). 

Bayu menambahkan Solusi Zakat tidak hanya memberikan bantuan, tetapi tim juga memberikan motivasi tentang kesabaran dan ibadah, buka puasa dan sahur bersama.

Pada Selasa (22/5), para pengungsi mendapatkan pemeriksaan kesehatan berupa cek darah untuk mengetahui adanya indikasi penyakit dan beberapa cek kesehatan yang diperlukan.
 
Dalam kunjungan yang berlangsung 3 hari dari Minggu sampai Selasa, tambah Bayu, tim Solusi Zakat dan mitra juga menyerahkan beberapa program Ramadhan yakni program yang ditujukan bagi kaum dhuafa dan program cinta yatim. 

Untuk program yang ditujukan bagi kaum dhuafa berupa penyerahan 80 Al Quran untuk mushola-mushola pelosok Aceh yang masih kekurangan Al Quran.

Sementara dari mitra menyerahkan bingkisan lebaran dan santunan kepada anak-anak yatim di luar panti yang berada di wilayah Aceh. Selain mendapat paket lebaran dan santunan, sebanyak 65 anak-anak yatim juga diberi training motivasi agar mereka terus bersemangat dalam mengejar cita-citanya.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024