Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono mengajak seluruh masyarakat setempat untuk selalu menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Saya mengajak seluruh pemuka agama dan seluruh elemen masyarakat di Banjarnegara agar tetap menjaga suasana kondusif dan selalu menjaga kerukunan dengan umat beragama lain," katanya di Banjarnegara, Kamis.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga Pancasila serta persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Mari bersama-sama menjaga Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ancaman seperti aksi terorisme, radikalisme, antiPancasila, dan konflik berlatarbelakang SARA," katanya.

Bupati juga meminta masyarakat untuk melaporkan kepada aparat berwenang jika melihat atau mendengar sesuatu yang mencurigakan di lingkungan masing-masing.

"Laporkan segera jika ada hal yang mencurigakan sebagai upaya antisipasi gangguan keamanan di wilayah masing-masing," katanya.

Bupati juga mengingatkan masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita hoax, serta tidak ikut serta menyebarkan berita, gambar, maupun video yang terkait dengan aksi terorisme.

Bupati berharap, kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Banjarnegara akan terus terjaga dengan baik.

Bupati juga menambahkan, sinergitas tokoh-tokoh agama dan pemerintah daerah sangat diperlukan guna kesejahteraan masyarakat Banjarnegara.

Bupati juga bekomitmen untuk terus meningkatkan berbagai program keagamaan di wilayah Banjarnegara.

"Selain itu, mari bersama-sama menanamkan ilmu agama dan memanamkan ideologi Pancasila guna membentengi generasi muda dari radikalisme, terorisme, narkoba dan apapun yang menggerogoti generasi kita," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024