Semarang (Antaranews Jateng) - Lima sekolah di Kota Semarang, Jawa Tengah, bersaing menjadi yang terbaik dalam kompetisi kewirausahaan yang bertajuk "Regional Student Company Competition 2018" yang diselenggarakan Prestasi Junior Indonesia dan Citi Indonesia.

"Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para siswa dari kelima sekolah mempresentasikan pencapaian bisnis dari usaha mikro yang dijalankan di sekolahnya serta memamerkan produk inovasi andalan usaha mereka," kata Management Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner di Kabupaten Semarang, Minggu.

Kelima sekolah yang bersaing dalam kompetisi kewirausahaan itu adalah SMA Negeri 3 Semarang, SMA Negeri 5 Semarang, SMA Teuku Umar, SMAI Al-Azhar 14 Semarang, dan SMK Negeri 9 Semarang.

Robert menjelaskan bahwa sebelum tahap kompetisi ini, para siswa kelima sekolah telah dibina menjadi wirausaha sungguhan melalui program pendidikan aplikasi kewirausahaan selama enam bulan dengan mendirikan dan mengoperasikan sebuah usaha mikro di sekolah, mulai dari menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan.

Siswa-siswi ini juga telah mendapatkan bimbingan bisnis secara intensif dari mentor Prestasi Junior Indonesia dan profesional bisnis Citi Indonesia yang tergabung dalam Citi Volunteers.

Menurut dia, para pelajar SMA dan SMK perlu didorong untuk dapat menciptakan bisnis dengan keterampilan yang dimiliki pascalulus sekolah.

"Program Student Company ini memberikan dasar-dasar bisnis kepada siswa melalui pembelajaran dan pengalaman secara langsung. Citi Indonesia bersama Prestasi Junior Indonesia terus berkomitmen untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia mewujudkan potensi bisnis mereka dan meraih masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Ia berharap agar tim dari Kota Semarang mampu mengulang prestasi dua tahun lalu yakni menjadi juara dua dalam kompetisi serupa tingkat dunia yang penilaiannya berdasar pada kualitas produk dan susunan dalam tim.

Perlu diketahui, kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi "Youth Sociopreneur Initiative" yang digagas oleh Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia dan telah memasuki tahun implementasi keempat.

Sejak 2014, program yang didukung pendanaan dari Citi Foundation ini telah berhasil memberikan dampak positif bagi 37.797 siswa dari 112 SMA/SMK di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, dan Medan.

Melalui program edukasi ini, Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia berupaya mengasah potensi kewirausahaan dan mendorong generasi muda Indonesia menjadi wirausaha yang tumbuh sukses secara individu sekaligus memberikan dampak positif ekonomi kepada komunitas di sekitar mereka.

Pada akhir kompetisi kewirasusahaan yang berlangsung di Restoran Kebon Raja akhirnya siswa-siswi SMAN 3 Semarang berhasil meraih penghargaan terbaik sebagai "The Best Student Company in Semarang" dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2018.

Siswa-siswi yang mendirikan Sagasco Student Company ini menyisihkan empat sekolah lainnya dan akan mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk bertarung dalam kompetisi bisnis tingkat nasional pada Indonesia Student Company Competition 2018, yang akan digelar di Jakarta pada 25 Agustus 2018.

Mereka dinilai piawai dalam mengelola bisnis dan memiliki produk sepatu berbahan eceng gondok yang inovatif.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024