Pekalongan (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menjamin ketersediaan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan Lebaran 2018 aman karena distribusi relatif lancar.

Asisten II Kota Pekalongan Sri Wahyuni di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa ketersediaan bahan pokok diperkirakan masih mencukupi kebutuhan masyarakat hingga enam bulan ke depan.

"Ketersediaan bahan pokok seperti beras kami perkirakan masih cukup hingga enam bulan ke depan. Adapun stok daging bisa hingga empat bulan ke depan," katanya.

Ia mengatakan saat ini pasokan bahan kebutuhan pokok masih relatif lancar dan tersedia sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terjadi kelangkaan beras maupun daging menjelang Ramadan.

"Kami imbau masyarakat tidak perlu melakukan aksi borong membeli bahan kebutuhan pokok. Masyarakat juga tidak perlu panik dalam menghadapi Ramadan dan Lebaran 2018," katanya.

Menurut dia, berdasarkan data dari Dinas Pendidikan, Koperasi dan UKM pada pekan pertama sejumlah harga daging memang sudah mulai bergerak meski kenaikan harganya masih relatif wajar.

"Untuk harga beras masih stabil yaitu Rp10.500 per kilogram sedang komoditas lain rata-rata terjadi kenaikan Rp1.000 per kilogram," katanya.

Pedagang ayam pedaging Basuki mengatakan bahwa harga ayam pedaging potong semula Rp45 ribu per ekor kini naik menjadi sekitar Rp50 ribu. kilogram.

"Kemungkinan harga kebutuhan pokok seperti daging ayam maupun sapi akan naik bertahap. hal itu mengikuti tren menjelang Ramadhan dan Lebaran 2018," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024