Kudus (Antaranews Jateng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus, Jawa Tengah, siap mengganti alat peraga kampanye yang dipasang di tepi jalan yang mengalami kerusakan karena berbagai faktor.

Menurut Anggota KPU Kudus Eni Misdayani di Kudus, Senin, alat peraga kampanye yang mengalami kerusakan di sejumlah lokasi berupa umbul-umbul.

Hal itu, lanjut dia, sudah ditindaklanjuti oleh KPU Kudus dengan melakukan identifikasi.

Hasilnya, kata Eni yang juga Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Hubungan Antar Lembaga, memang ditemukan 50-an umbul-umbul yang mengalami kerusakan.

Jumlah umbul-umbul yang terpasang di semua kecamatan, katanya, berjumlah 180 buah yang tersebar di sembilan kecamatan.

Setelah dilakukan penggantian, katanya, pemeliharaan selanjutnya diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing pasangan calon.

Ia mengatakan penyerahan APK saat ini dituntaskan karena pencetakan semua bahan APK telah selesai, sedangkan umbul-umbul dilakukan pemasangan oleh KPU karena konstruksinya telah disiapkan.

Jumlah lokasi pemasangan baliho, tersebar di lima titik yang tersebar di Kabupaten Kudus.

APK yang difasilitasi KPU Kudus, meliputi spanduk, baliho, dan umbul-umbul, sedangkan bahan kampanye meliputi

Selain APK yang sudah diselesaikan proses cetaknya, KPU Kudus juga menuntaskan pembuatan bahan kampanye, meliputi poster, brosur, leaflet dan pamflet.

Jumlah bahan kampanye yang dicetak oleh KPU Kudus mencapai 3.180.000 buah bahan kampanye.

"Kami persilakan dari masing-masing tim pasangan calon untuk mengambil bahan kampanye tersebut," ujarnya.

Masing-masing tim pasangan calon dapat memperbanyak APK maksimal 150 persen dari jumlah maksimal yang difasilitasi KPU kudus, sedangkan bahan kampanye maksimal 100 persen dari jumlah keluarga di Kudus.

Berdasarkan pantauan di sejumlah ruas jalan yang terdapat umbul-umbul yang dipasang oleh KPU Kudus untuk memperkenalkan lima pasangan calon, ternyata banyak yang rusak.

Salah satunya, terlihat di Jalan Kudus-Colo, tepatnya di Desa Purworejo, Kecamatan Bae, Kudus, dari lima umbul-umbul untuk kelima pasangan calon tercatat hanya satu umbul-umbul yang masih tersisa, selebihnya kabur terbawa angin dan ada yang batang bambunya patah.

Di tempat lain, juga mengalami kerusakan serupa karena konstruksinya kurang kuat sehingga mudah rusak ketika diterpa angin kencang.

Pilkada Kudus 2018 diikuti lima pasangan calon, Akhwan-Hadi Sucipto, Masan-Noor Yasin, Muhammad Tamzil-Hartopo dan Sri Hartini-Setia Budi Wibowo, dan Nor Hartoyo-Junaidi.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Zuhdiar Laeis
Copyright © ANTARA 2024