Magelang (Antaranews Jateng) - Kelompok Wanita Tani "Kartini" Kelurahan Wates, Kota Magelang, Jawa Tengah, mengajari anak-anak tingkat Pendidikan Anak Usia Dini "Harapan 2" di kawasan itu menanam dan memetik sayuran di kebun pembibitan mereka.

Pembina KWT "Kartini"? Kampung Pinggirejo, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Berdiyanto di Magelang, Jumat, mengatakan kegiatan itu sebagai inisiatif kelompoknya supaya anak-anak sejak dini mengenal dunia pertanian.

"Supaya sejak dini mereka mengenal dunia pertanian dan mengetahui proses sejak tanam hingga petik," ujarnya di sela kegiatan yang melibatkan 30 anak Kelompok Bermain PAUD "Harapan 2" Kampung Pinggirejo, Kelurahan Wates.

Pada kesempatan itu, anak-anak menanam bibit sayuran seperti cabai rawit, tomat, dan sawi putih di atas lahan seluas 250 meter persegi milik warga setempat yang dikelola kelompok tani tersebut untuk budi daya sayuran. Kelompok tani tersebut bagian dari kegiatan warga, berupa Kampung Organik di Rukun Warga 07 Kampung Pinggirejo.

Ia menyatakan prihatin karena banyak anak tidak mengetahui proses budi daya tanaman, terutama sayuran dan buah-buahan.

"Oleh karena itu, kami berinisiatif mengenalkan budi daya sayuran kepada mereka, sebagai ajang edukasi. Supaya tidak hanya tahunya membeli di `supermarket` saja," ujar dia.

Dinas Pertanian dan Pangan Pemerintah Kota Magelang memberikan apresiasi kepada kelompok tani tersebut yang berinisiatif mengedukasi anak-anak untuk belajar menanam sayuran.

"Kami mengapresiasi inisiatif program kelompok ini," ujarnya.

Kepala Seksi Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Pemkot Maeglang Muhammad Mahfud mengatakan kelompok tersebut mengembangkan budi daya tanaman sayuran dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari.

"Dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit, digunakan untuk tanaman macam-macam sayuran dan buah-buahan," katanya.

Hingga saat ini di Kota Magelang terdapat empat kelompok tani dengan konsep tersebut, yakni Kelompok Tani "Kartini" Kampung Pinggirrejo, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kelompok "Matahari" Kelurahan Jurang Ombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kelompok "Nusa Indah" Kelurahan Jurang Ombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan, dan Kelompok "Simolek" Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah. (U.M029)

 

Pewarta : Maximianus Hari Atmoko
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024