Magelang - Mahasiswa pendampingan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, Jawa Tengah, berperan dalam kegiatan Balai PenyuluhanPertanian (BPP) Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018 di BPP Bobotsari Kabupaten Purbalingga, Senin (16/04/2018). 

BPP Bobotsari terpilih menjadi wakil dari Kabupaten Purbalingga karena diinilai mumpuni untuk maju ke level provinsi. Demi mewujudkan harapan masyarakat Purbalingga, BPP Bobotsari melaksanakan persiapan matang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga Ir. Lily Purwati sebelumnya memang antusias menyambut kehadiran mahasiswa pendampingan dari STPP Magelang.

Ia menyatakan, "Alhamdulillah BPP Bobotsari masuk enam besar dalam ajang BPP Berprestasi tingkat Jawa Tengah yang dilombakan pada 16 April 2018. Saya berharap Mahasiswa STPP Magelang berkenan membantu dan menyumbangkan ide maupun inovasinya demi membangun BPP Bobotsari supaya lebih siap dan matang menghadapi perlombaan," kata Lily pada 10 April lalu.

Dengan persiapan yang mepet, kurang dari seminggu, ia berharap BPP Bobotsari tetap bisa meraih prestasi membanggakan. Persiapan tersebut antara lain pembuatan green house, pembuatan spesimen, penataan ruang, perpustakaan, ruang konsultasi, beberapa miniatur, kelengkapan arsip, dokumentasi, dan lainnya. Mahasiswa STPP Magelang terlihat antusias menyambut momen tersebut.

Lomba yang digelar 16 April itu berjalan lancar dengan hadirnya Tim Penilai Provinsi beserta dukungan langsung dari Kepala Dinas Pertanian, Ir. Lily Purwati. Ditambah lagi adanya pameran beberapa produk hasil pertanian di Kecamatan Bobotsari yang mencerminkan kekayaan lokal. Potensi ini patut dilestarikan dan menjadi ikon Kecamatan Bobotsari, ujar Lily. 
  Mahasiswa pendampingan STPP Magelang (Foto: STPP Magelang) 
Produk tersebut merupakan binaan dari Asosiasi Pertanian Hortikultura Purbalingga atau yang dikenal dengan APHP antara lain cimpedak, keripik pisang balado, keripik jagung, cabai merah, jambu kristal, bawang merah, dan masih banyak lagi. 

"Terima kasih kepada mahasiswa STPP Magelang dan Pramuka SMK Muhammadiyah Bobotsari yang telah berperan dalam lomba BPP Berpretasi Tingkat Jawa Tengah," kata Kepala BPP Bobotsari, Kisno, SP.

Ia menambahkan BPP Bobotsari pada lomba 2018 berhasil mencatat prestasi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Tahun kemarin mendapat juara harapan I. "Target kita minimal juara tiga atau naik satu tingkat. Tinggal berdoa dan tunggu hasil saja," kata Kisno. (stpp/tanty)

Pewarta : KSM
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024