Batang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, meluncurkan pusat produk kreatif seperti kerajinan kayu, kulit, kertas, kaca, dan batik.

Bupati Batang Wihaji di Batang, Senin, mengatakan bahwa pusat produk kreatif tersebut menempati Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Jalan Wahidin atau jalur pantai utara (pantura) Batang.

"Bagi siapa pun baik tamu dari pemda dan di luar pemda maupun masyarakat bisa mencari oleh-oleh khususnya ekonomi kratif ke gedung Dekranasda Batang," katanya.

Ia mengatakan pemkab akan terus memberikan ruang pada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang memiliki kegiatan ekonomi kreatif.

"Kami berharap dengan dibangunnya tempat pusat produk kreatif tersebut, nantinya siapa saja yang mau pesan produk kerajinan bisa menghubungi Dekranasda," katanya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Batang Uni Kuslantasi Wihaji mengatakan sebenarnya banyak sekali UKM baik embrio maupun yang sudah berkembang bahkan sudah berjalan maju di daerah setempat.

Hanya saja, kata dia, selama ini produk kreatif berasal dari pelaku UKM belum sepenuhnya mendapatkan tempat untuk dipromosikan pada masyarakat.

"Oleh karena, kami memiliki tanggung jawab melakukan pembinaan, pemberdayaan, penguatan, dan promosi. Kami mengucapkan terima kasih terhadap dukungan pemkab dengan diluncurkannya tempat produk ekonomi kreatif," katanya.



 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024