Temanggung (Antaranews Jateng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyosialisasikan Pemilu 2019 di tujuh titik dengan menggelar kesenian tradisional.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Ari Murti Hendrowardani di Temanggung, Sabtu, menyebutkan tujuh titik sosialisasi tersebut meliputi Kecamatan Pringsurat, Temanggung, Selopampang, Parakan, Kledung, Candiroto, dan Gemawang.

"Dalam rangka menyongsong satu tahun pemilu serentak 2019 untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten, hari ini kami melakukan sosialisasi melalui pergelaran seni budaya," katanya.

Ia mengatakan kesenian tradisional yang dipentaskan di masing-masing titik, antara lain kuda lumping, topeng ireng, dan soreng.

Sosialisasi di Kecamatan Pringsurat berlangsung di Terminal Pingit, Kecamatan Temanggung di halaman Gedung Pemuda, Kecamatan Selompampang di halaman Balai Desa Selopampang, Kecamatan Parakan di taman kota, Kecamatan Kledung di rest area Kledung, Kecamatan Candiroto di halaman Kecamatan Candiroto, dan Kecamatan Gemawang berlangsung di halaman Kecamatan Gemawang.

Ia menuturkan kegiatan sosialisasi dilaksankan melalui pentas kesenian tradisional yang sudah menjadi kegemaran masyarakat sehingga mudah diterima oleh masyarakat.

Dalam sosialisasi tersebut dibagikan leaflet kepada masyarakat yang isinya menyampaikan pesan bahwa pemilu eksekutif dan legislatif akan diselenggarakan pada 17 April 2019.

Selain itu masyarakat juga mendapatkan stiker yang berisi gambar dan nomor partai yang bakal berkompetisi pada Pemilu 2019, yakni PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Partai Demokrat, PBB, dan PKPI.

Ari mengajak masyarakat bahwa Pemilu 2019 adalah antihoaks, antiSARA, dan antipolitik uang.

"Kami berharap kepada masyarakat yang menghadiri sosialisasi ini, setelah pulang bisa menyampaikan informasi tentang Pemilu 2019 kepada saudara, tetangga, atau siapa pun supaya bisa ikut berpartisipasi dalam pemilu nanti," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024