Boyolali (Antaranews Jateng) - Kementerian Pertanian menjamin pasokan cabai merah di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah menjelang puasa hingga Lebaran bakal aman dan harganya tetap stabil.

"Kami menjamin pasokannya tetap aman dan harganya stabil," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Kementan, Yasid Taufik disela panen cabai di Dukuh Sidomulyo, Desa Senden, Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jumat.

Yasid Taufik mengatakan pihaknya melakukan pengecekan luas lahan tanaman cabai varietas merah keriting sekitar lima hektare di Kecamatan Selo yang dikelola oleh kelompok tani Agro Utamaning Tani, maka tingkat produktivitasnya sudah cukup baik.

Menurut Yasid Taufik melihat dari perkembangan produktivitas dan perawatannya sudah cukup bagus, dengan menggunakan teknologi mulsa dari Jepang, dengan produktivitas sekitar 10 hingga 15 ton per hektare.

Tanaman cabai di Boyolali, kata Yasid Taufik, terdapat di lima kecamatan yang mendapat alokasi area pertanian cabai merah yakni Selo, Ampel, Musuk, Cepogo, dan Kota Boyolali, sehingga diperkirakan produksi akan melimpah menjelang puasa hingga Lebaran mendatang.

 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024