Magelang (Antaranews Jateng) - Berbagai kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-1112 Kota Magelang pada tahun ini menjadi kesempatan yang baik bagi pemerintah kota setempat untuk mempromosikan potensi wisata.

"Seperti hari ini ada jalan santai, bermanfaat juga untuk mempromosikan potensi wisata Kota Magelang," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Pemkot Magelang Jarwadi di Magelang, Minggu.

Ia menjelaskan kegiatan dalam peringatan tersebut membuat masyarakat yang tidak hanya dari daerah setempat tetapi juga dari daerah lain untuk berkumpul, berolahraga, dan bersilaturahim, serta berwisata.

Rute yang dilalui peserta jalan santai hingga sekitar 11 ribu orang itu, ujar Jarwadi yang juga Ketua 2 Panitia Hari Jadi Ke-1112 Kota Magelang itu, membuat masyarakat luas makin mengenal berbagai potensi wisata setempat karena berkaitaan dengan objek-objek wisata.

"Rute tahun ini ke bagian utara, sehingga masyarakat melihat kondisi di kawasan itu. Tidak hanya yang kelihatan, tetapi juga yang didalam, di pelosok-pelosok kampung," ujarnya.

Kegiatan itu, katanya, juga membangkitkan semangat warga setempat untuk membangun suasana lingkungan yang bersih dan menarik, sebagai salah satu daya pikat pengembangan kepariwisataan.

Rute jalan santai tersebut, antara lain alun-alun timur, alun-alun selatan, Jalan Mayjen Sutoyo, Pasar Cacaban, Kalibening, Taman Badaan (Jalan Ade Irma Suryani), Plengkung, Jalan Ahmad Yani, dan kembali ke alun-alun setempat.

Sejumlah destinasi wisata yang dilalui peserta kegiatan, antara lain Alun-Alun Kota Magelang berupa "Watertorn" dan air mancur menari, Taman Badaan, cagar budaya Plengkung, dan Museum Bumiputera.

Berbagai undian berhadiah dalam kegiatan itu, antara lain kompor gas, "speaker aktif", kulkas, sepeda gunung, dan dua sepeda motor sumbangan wali kota dan wakil wali kota setempat.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengharapkan partisipasi masyarakat untuk memeriahkan berbagai kegiatan dalam rangkaian hari jadi daerah tersebut.

"Selain jalan santai, tetapi juga kesempatan berkumpul masyarakat dan menikmati suasana wisata kota dengan senang dan sehat," katanya. (hms)
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024