Solo (Antaranews Jateng) - Harga komoditas sayuran seperti cabai di tingkat pedagang pengecer di Pasar Tradisional Sidodadi Kleco Solo selama sepekan ini berangsur turun dan stok barang cukup melimpah.

Sujiyem (45) salah satu pedagang di Pasar Sidodadi Kleco Solo, Jumat, mengatakan, harga cabai khusus jenis rawit merah pada pekan sebelumnya dijual mencapai Rp60 ribu per kilogram, kemudian turun menjadi Rp40 ribu per kg, dan kini rata-rata dijual hanya Rp35 ribu per kg.

Menurut dia, turunnya harga cabai rawit tersebut diduga karena pasokan dari daerah sentra produksi seperti Selo Boyolali, Salatiga, Tawangmangu Karanganyar, dan daerah Jawa Timur lancar.

Bahkan, para pedagang di Solo rata-rata mempunyai persediaan cukup melimpah sehingga harga mendekati normal. Pedagang berharap harga cabai tetap bertahan hingga memasuki bulan puasa mendatang.

Harga cabai merah besar rata-rata juga dijual Rp35 ribu per kg, cabai rawit hijau hanya Rp18.000 per kg, sedangkan bawang merah ditawarkan Rp35 ribu per kg, dan bawang putih Rp40 ribu per kg.

Sidiq pedagang lainnya di pasar yang sama mengatakan harga beberapa barang kebutuhan pokok di Pasar Sidodadi Solo rata-rata masih stabil, kecuali telur ayam mengalami kenaikan Rp1.000 per kg dari Rp19 ribu per kg menjadi Rp20 ribu per kg.

Harga beras kualitas premium jenis C4 dijual mulai dari Rp10.500 per kg hingga Rp12.500 per kg, atau tergantung kualitasnya, gula pasir tetap normal Rp11.500 per kg, dan minyak goreng Rp12.000 per kg.

Menurut Sidiq pasokan barang dari tingkat distributor ke pasar relatif lancar dan stoknya cukup, sehingga tidak ada gejolak di dalam pasar.

Harga daging ayam di Pasar Sidodadio Solo rata-rata ditawarkan stabil Rp30 ribu per kg, sedangkan daging sapi juga normal Rp100 ribu per kg kualitas baik, Rp95 ribu per kg kualitas dua, dan daging kambing bertahan Rp80 ribu per kg.

Menurut Ny Nani salah satu pedagang daging ayam di Pasar Sidodadi Solo, harga daging ayam bertahan Rp30 ribu per kg dan stok masih mencukupi kebutuhan pasar.

Dia mengaku setiap hari rata-rata menyediakan daging ayam sekitar 100 ekor, dan dagangannya habis sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Pembeli kebanyakan pelanggan dari warung makan dan restoran di Solo.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Subagyo saat dikonfirmasi soal harga beberapa barang kebutuhan pokok di Solo membenarkan, dan setiap hari pihaknya menurunkan petugas untuk mengecek harga-harga di sejumlah pasar tradisional di Solo.

Kendati demikian, kata Subagyo persediaan barang-barang kebutuhan pokok di pasar-pasar di Solo masih cukup melimpah karena pasokan dari tingkat distributor berjalan lancar.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024