Perancang Decy Ramona bawa motif Toraja ke Dubai

Selasa, 3 April 2018 11:36 WIB

Jakarta (Antaranews Jateng) - Perancang Decy Ramona yang biasa mengangkat motif asal Sulawesi Selatan akan mempromosikan  motif asal Toraja ke penjuru dunia. 

Setelah memperkenalkan motif Barre Allo (matahari terbit) di Amerika Serikat pada September 2017, kali ini Decy dengan brand Tyramona akan memperkenalkan koleksi baru bertajuk Pa' Tangke Lumu Toraja ke International Fashion Week 2018 di Dubai.
“Koleksi saya ditujukan untuk menengah ke atas di Dubai,” ujar Decy di konferensi pers di Jakarta, Senin, menambahkan segmen pasar yang diincarnya adalah orang yang mencari gaun-gaun elegan untuk pesta. 

Pa' Tangke Lumu adalah istilah Toraja untuk "keluarga yang hidup rukun". Tangke artinya cabang atau tangkai, Lumu' punya arti lumut, sementara Situru' artinya sejalan dengan tujuan.

Kini desain Pa'Tangke Lumu' Situru yang kerap disingkat jadi Pa'Lumu biasa dibuat sedikit berbeda, lebih elegan dan mewah dengan sentuhan payet, mutiara, swarovski sehingga terkesan modern. 

Motif Pa'lumu dkombinasikan dengan motif daun sirih agar lebih hidup dan berwarna. 

Lumut yang biasanya berwarna hijau disulap jadi ungu, biru dengan gradasi abu-abu. 

Lumut bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia yang merupakan negara kepulauan membentang di garis khatulistiwa. Oleh karena itu, desain lumut ini juga menyimbolkan kesatuan antara pulau-pulau dan juga masyarakatnya.

Perancang kelahiran Makassar, 11 September 1968 itu mengatakan rancangannya dibuat lebih modern tanpa melupakan inti aslinya. 

Bahan yang digunakan dalam koleksi ini adalah organdi, duchess dan ballotelli. Proses pengerjaannya relatif cepat, seluruhnya dibuat dalam waktu satu bulan.

Decy mulai terjun ke dunia mode pada 2011, tapi baru pada 2015 dia fokus ke motif asal Sulawesi Selatan, seperti Toraja, Bugis, Mandar. 

Sebelumnya, karya Decy yang selalu mengangkat budaya Sulawesi juga pernah ditampilkan di Malaysia, Belanda dan New York. (Editor : Ruslan Burhani)

Pewarta : Nanien Yuniar
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024

Terkait
Terpopuler

Anggota dewan terpilih wajib mundur saat maju pilkada

PERISTIWA - 16 May 2024 1:04 Wib

Harga emas Antam stabil

EKONOMI - 13 May 2024 9:44 Wib

BPBD Purbalingga imbau pendaki patuhi larangan pendakian Gunung Slamet

PERISTIWA - 17 May 2024 13:14 Wib

Pj Gubernur Jateng ajak Pepabri sukseskan Pilkada 2024

PERISTIWA - 15 May 2024 8:36 Wib

173 pebulu tangkis siap berlaga dalam Olimpiade Paris 2024

NASIONAL - 13 May 2024 9:46 Wib