Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa sebagian wilayah di Provinsi Jawa Tengah, Senin, berpotensi hujan terutama pada malam hari.

"Masih terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terutama pada malam hari," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Senin.

Ia menambahkan, potensi hujan juga dipakirakan akan disertai petir dan angin kencang

Wilayah yang berpotensi hujan, kata dia, antara lain Cilacap Utara, Brebes Selatan, Kabupaten Tegal Selatan, Banyumas, dan sekitarnya.

"Kondisi tersebut dapat meluas ke wilayah Pemalang Selatan, Purbalingga, Wonogiri, Karanganyar, dan sekitarnya.

Sementara itu, BMKG juga menginformasikan bahwa sebagian wilayah di Jawa Tengah pada saat ini memasuki masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Namun, kata dia, potensi hujan masih tinggi.

"Meski sebagian wilayah telah memasuki masa peralihan, namun potensi hujan masih tinggi," katanya.

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terutama saat hujan pada siang hingga malam hari dengan durasi 30 menit hingga satu jam lebih.

Terlebih bila hujan tersebut berintensitas lebat hingga sangat lebat yang disertai petir dan angin kencang karena dikhawatirkan dapat berpotensi menimbulkan longsor atau pohon tumbang.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024