Rembang (Antaranews Jateng) - Bank Jateng segera meluncurkan layanan internet banking untuk nasabah korporasi serta personal guna memudahkan nasabah melakukan transaksi perbankan secara digital, kata Direktur Operasional dan Digital Banking Bank Jateng Rahadi Widayanto.

"Secara teknis, kami sudah siap melaksanakan layanan internet banking," ujarnya ketika ditemui usai menghadiri peresmian Kantor Cabang Pembantu Bank Jateng Lasem Rembang di Jalan Untung Suropati, Lasem, Rembang, Jawa Tengah, Senin.

Untuk saat ini, kata dia, pengoperasiannya menunggu izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena akan dilakukan pengujian dan verifikasi kelengkapan persyaratannya.

Jika OJK memberikan lampu hijau, lanjut dia, sistem layanan internet banking Bank Jateng dinilai memenuhi syarat, termasuk dari sisi keamanannya.

"Nasabah juga tidak perlu khawatir dengan maraknya tindak kejahatan yang bisa merugikan nasabah karena kami juga sudah mengantisipasi dari sisi keamanannya agar tidak ada yang dirugikan," ujarnya.

Ia berharap pada semester pertama tahun 2018 layanan internet banking tersebut bisa mulai dioperasikan.

Untuk layanan kepada pemerintah daerah, lanjut dia, justru lebih dahulu karena per awal 2018 telah menerapkan cash management system (CMS).

"Dengan Pemkab Rembang tidak hanya terjalin kerja sama di bidang Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) secara daring, termasuk retribusi dan pajaknya juga dibayarkan secara elektronik," ujarnya.

Dengan adanya layanan internet banking, kata dia, nasabahnya tidak perlu datang ke kantor ketika hendak melakukan sejumlah transaksi karena bisa diakses menggunakan telepong genggam berbasis android.

Untuk fasilitas layanan yang dimiliki Bank Jateng, kata dia, saat ini cukup memadai, termasuk ketika nasabah hendak mencairkan dana secara tunai juga bisa melalui anjungan tunai mandiri (ATM).

"Kami juga menjalin kerja sama dengan ATM prima maupun ATM bersama sejumlah Bank BUMN sehingga nasabah tidak perlu risau ketika hendak menarik dananya melalui ATM karena tersebar di berbagai daerah," ujarnya.

Jumlah ATM Bank Jateng sendiri sebanyak 732 buah, ditambah cash deposit machine ada tujuh unit dan agen laku pandai sebanyak 565 agen.

Bank Jateng juga memiliki 41 kantor cabang, serta 134 kantor cabang pembantu, ditambah kantor kas sebanyak 163 kantor, dan payment point sebanyak 304.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024