Sukoharjo (Antaranews Jateng) - Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan mengintensifkan kebijakan pemerintah provinsi setempat yang mendukung masuknya investasi di berbagai bidang ke sejumlah daerah.

"Ini sesuai perintah Presiden Jokowi, kita permudah perizinan yakni mudah, cepat, dan murah. Untuk promosi kita juga mendatangi duta besar dari negara sahabat agar investasi masuk," katanya di sela melakukan kampanye Pilgub Jateng 2018 di pabrik PT Sritex, Kabupaten Sukoharjo, Kamis.

Ganjar mengungakapkan, perindustrian di Provinsi Jateng selama lima tahun terakhir maju pesat karena pemerintah daerah proinvestasi, bahkan beberapa perusahaan yang selama ini berada di wilayah Jabodetabek telah memindahkan operasionalnya di provinsi setempat.

Menurut Ganjar, pesatnya investasi tersebut karena adanya reformasi birokrasi, terutama di bagian perizinan.

Cagub yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) itu mengatakan, selain mempermudah perizinan, pemerintah juga membangun zonasi industri sesuai produksinya yakni kawasan Semarang Raya untuk industri dan pengolahan, Solo Raya untuk industri kreatif, dan Kedu hingga Banyumas untuk perkebunan.

"Dengan penataan teritorial tersebut, semua akan terjaga mulai dari aspek lingkungan hingga administrasinya. Ini juga menyelesaikan masalah investor yang kesulitan masalah perizinan dan pencarian lahan," ujarnya.

Jika investor masuk ke kawasan industri, kata Ganjar, pengurusan perizinannya cukup tiga jam selesai.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024