Kudus (Antaranews Jateng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggandeng 30 mitra strategis untuk memantapkan tahapan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jateng maupun Kabupaten Kudus 2018.

"Mitra strategis yang kami gandeng berasal dari kelompok, lembaga serta paguyuban di Kabupaten Kudus yang terpilih," kata Anggota KPU Kudus Eni Misdayani ketika ditemui usai menggelar focus group discussion di Hotel @Hom Kudus, Rabu.

Ia berharap kehadiran mitra strategis tersebut bisa meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi pelaksanaan tahapan sosialisasi pendidikan pemilih pada Pilkada serentak 2018.

Mitra strategis yang dipilih, lanjut dia, merupakan lembaga/kelompok/komunitas independen non partisan yang berintegritas dan memiliki minat tinggi terhadap upaya menumbuhkan budaya demokrasi, mengawal hak konstitusi pemilih serta berkehendak melakukan kegiatan untuk meningkatkan kualitas demokrasi.

Dalam rangka memberikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih berbasis pada komunitas atau kelompok maupun kearigan lokal, maka KPU Kudus menyusun petunjuk operasional kegiatan.

Petunjuk operasional kegiatan bertujuan untuk mempermudah, menyeragamkan dan sebagai landasan pelaksanaan serta akuntabilitas dalam pelaksanaan tahapan sosialisasi dan pendidikan pemilih oleh mitra strategis KPU Kudus tersebut.

Masing-masing mitra, katanya, difasilitasi anggaran untuk mendukung kegiatan mereka sebesar Rp5 juta.

Bentuk kegiatan pendidikan pemilih untuk masing-masing mitra, kata dia, bisa dalam bentuk pertemuan tatap muka, dialogis, seminar atau sarasehan.

"Bisa juga menumpang melalui agenda-agenda rutin mereka selama ini, seperti rapat koordinasi, rapat kerja atau apel siaga serta kegiatan lainnya," ujar Eni Misdayani Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Hubungan Antar Lembaga.

Menurut dia peran serta mitra strategis KPU Kudus tersebut bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti menanyakan tetangga terdekat apakah sudah didatangi petugas pemutakhiran data pemilih atau belum.

Selain itu, lanjut dia, mereka juga bisa menanyakan apakah rumahnya sudah ditempeli stiker yang menandakan bahwa mereka sudah didatangi petugas pemutakhiran data pemilih Pilkada serentak 2018.

Jadwal kegiatan mitra strategis KPU Kudus tersebut dibatasi mulai Maret 2018 hingga 23 Juni 2018.

Ahmad Sabit dari Komunitas Tali Akrab Wilayah Pantura mengaku siap berpartisipasi agar pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jateng dan Pemilihan Bupati Kudus 2018 berjalan lancar dan aman.
 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024