Mainkan Genre Rock-Gamelan, Riki Putra Kenalkan Budaya Indonesia

Jakarta (Antaranews Jateng) - Di Indonesia, musisi yang memadukan musik modern dan tradisional jumlahnya belum terlalu banyak. Apalagi yang datangnya dari anak muda, harus diberi acungan jempol! 

Salah satunya adalah Riki Putra, pemuda asal Balikpapan ini memadukan gamelan dengan musik rock. Bahkan, hal tersebut sudah dituangkannya ke dalam album "Gamelan Rules". Uniknya, keinginan Riki memilih genre rock-gamelan justru muncul saat dia masih kuliah di Musician Institute, Amerika.

"Jangan sampai musik tradisional kita tergerus zaman, apalagi musik luar kini cepat sekali perkembangannya. Kita harus bangga dengan budaya lokal dan jangan malu untuk memperdengarkannya ke mancanegara”, ujar Riki di Jakarta, seperti dikutip laman hiburan Gohitz.com.

Memainkan musik rock yang dipadukan dengan gamelan tentu memiliki keunikan tersendiri dan bukan hal yang mudah. Sebab, musik rock yang sudah banyak penggemarnya harus disatukan dengan gamelan yang terkesan megah. 

"Memainkan musik rock yang dipadukan dengan gamelan mempunyai nilai tambah tersendiri. Musik rock itu sudah ramai dan peminatnya banyak. Nah, gamelan itu alat musik yang sempurna dan elegan, jadi bisa dibayangkan seperti apa megah dan menariknya ketika mendengarkan rock-gamelan,” jelas Riki. 

Saat ini, Riki Putra sedang menyiapkan sebuah konser megah dengan konsep orkestra untuk memperlihatkan genre rock-gamelan. 

 


Pewarta : Maria Cicilia Galuh
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024