Purwokerto (Antaranews Jateng) - Ratusan pendaftar mengikuti tes pengadaan pegawai badan layanan umum daerah nonpegawai negeri sipil tidak tetap Rumah Sakit Umum Daerah Prof.Dr.Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto, Jawa Tengah.

Tes kemampuan dasar digelar di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Purwokerto, Rabu, difasilitasi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah serta didukung STMIK Amikom itu menggunakan sistem "computer assisted test" (CAT).

Wakil Direktur Umum dan Pelayanan RSMS Yunita Dyah Suminar mengatakan jumlah pendaftar dalam pengadaan pegawai BLUD non-PNS tidak tetap itu sebanyak 899 orang untuk 20 formasi.

"Setelah dilakukan verifikasi, jumlah pendaftar yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti TKD (Tes Kemampuan Dasar) sebanyak 423 orang," katanya.

Ia mengatakan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi kunci dalam menjamin mutu pelayanan di rumah sakit selain fasilitas dan sarana maupun prasarana pelayanan.

Menurut dia, pola perekrutan SDM yang baik akan berdampak langsung pada kemampuan SDM mengelola pelayanan rumah sakit sehingga terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain adil dan terbuka.

Dalam hal ini, kata dia, adil berarti memberi kesempatan yang sama kepada seluruh peserta yang telah dinyatakan lolos syarat administrasi, sedangkan terbuka berarti seluruh proses atau tahapan perekrutan dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat.

"Oleh karena itu, dalam pelaksanaan tes kemampuan dasar, kami menggunakan sistem CAT. Mungkin kami BLUD rumah sakit yang pertama menggunakan sistem CAT dalam perekrutan pegawai," katanya.

Yunita mengatakan dengan menggunakan sistem CAT, seluruh peserta tes kemampuan dasar akan segera mengetahui hasil penilaiannya.

Menurut dia, tes menggunakan sistem CAT tersebut turut mendukung pengurangan penggunaan kertas.

"Kami sudah lama mengurangi penggunaan kertas dalam berbagai kegiatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Subbidang Formasi dan Pengembangan BKD Provinsi Jawa Tengah Lilik Priyanto mengatakan pengadaan pegawal BLUD RSMS menggunakan sistem gugur sehingga peserta yang mengikuti tes kemampuan dasar adalah mereka yang lolos seleksi administrasi.

Menurut dia, hal itu juga berlaku bagi peserta yang mengikuti tes kemampuan bidang adalah peserta yang lulus tes kemampuan dasar sesuai dengan nilai ambang batas (passing grade).

"Dalam pelaksanaan TKD kali ini, RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo dan BKD Provinsi Jawa Tengah telah bekerja sama dengan STMIK Amikom Purwokerto sehingga pelaksanaannya dapat menggunakan media komputer," katanya.

Dengan demikian, kata dia, seluruh peserta dapat langsung mengetahui nilai tes kemampuan dasar masing-masing setelah selesai tes.
 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024