Magelang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kota Magelang mendorong kalangan perempuan pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) daerah itu meningkatkan peranannya memajukan pembangunan agar kesejahteraan masyarakat di kota tersebut makin baik.

"Organisasi ini turut berpartisipasi dan berkontribusi terhadap program-program pemerintah. Mereka harus meningkatkan peranan dan keterlibatannya dalam menentukan arah pembangunan daerah ini," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Magelang Sugiharto di Magelang, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut di sela pelantikan DPC Iwapi Kota Magelang periode 2018-2023 dan Rapat Pleno DPD Iwapi Jawa Tengah di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang.

Hingga saat ini, ujar dia, hubungan Iwapi Kota Magelang dan pemkot setempat cukup baik dan harmonis dengan partisipasi organisasi tersebut terhadap pelaksanaan berbagai program pemerintah yang cukup tinggi.

Ia menyebut salah satu keterlibatan Iwapi dalam program pemerintah kota setempat adalah keikutsertaan mereka saat penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Setiap kali Pemkot Magelang menyusun RPJMD, ujarnya, dipastikan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait, salah satunya Iwapi.

"Untuk menyusun RPJMD ini, tidak bisa hanya melibatkan pemerintah, namun juga `stakeholder` terkait, termasuk Iwapi dan Iwapi selalu hadir setiap kali tahapan penyusunan RPJMD dilaksanakan," kata dia.

Ketua DPD Iwapi Jawa Tengah Lilik Lukitowati mengatakan organisasi itu beranggota para perempuan dengan kiprahnya dalam usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Kami mengupayakan agar ada peningkatan kesejahteraan anggota. Berbagai kerja sama telah berhasil dijalin dengan melibatkan banyak instansi," katanya.

Berbagai pihak yang bekerja sama dengan Iwapi, antara lain perusahaan perbankan. Kerja sama pihaknya dengan kalangan perbankan, antara lain terkait dengan upaya pengembangan usaha ekonomi dan produksi yang dikelola para perempuan pengusaha tersebut.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan perguruan tinggi, terutama terkait dengan pengembangan sumber daya manusia. Berbagai bentuk kerja sama dengan kalangan itu, antara lain menyangkut pelatihan perpajakan, manajemen, informasi, dan fasilitas lainnya.

Terkait dengan kepengurusan Iwapi Kota Magelang periode 2018-2023 di bawah kepemimpinan Wilujeng Isnuryati, ia berpesan agar mereka menyusun program kerja yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat luas.

"Program kerja itu tidak usah terlalu bertele-tele dan muluk-muluk, yang penting bermanfaat untuk seluruh anggota dan masyarakat," katanya. (hms)
 

Pewarta : Maximianus Hari Atmoko
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024