Magelang (Antaranews Jateng) - Penguatan sinergi antara Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Magelang, pemkot setempat, dan pemangku kepentingan lainnya dibutuhkan untuk memajukan sektor kepariwisataan di daerah itu.

"Pariwisata adalah salah satu sektor yang berkontribusi besar. Untuk itu, diperlukan sinergi PHRI dengan pemerintah dan 'stakeholder' untuk menunjang kemajuan pariwisata. Bangun kemitraan yang baik, berkesinambungan, dan berkelanjutan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot Magelang Jarwadi saat peringatan ulang tahun pertama PHRI Kota Magelang di Hotel Atria Kota Magelang, Senin (26/2) malam, yang juga antara lain dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Daerah PHRI Jawa Tengah Heru Isnawan.

Organisasi yang menaungi para pengusaha perhotelan dan restoran tersebut, ujar dia, harus mampu merangkul semua pihak terkait untuk memajukan pembangunan kepariwisataan.

Ia menjelaskan tentang kondisi Kota Magelang dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan yang menggantungkan diri kepada sektor jasa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah setempat.

"Diharapkan PHRI bisa merangkul pengusaha hotel dan restoran sehingga bisa meningkatkan produknya seiring dengan upaya pemerintah dalam membangun dan mempercantik kota," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa kepariwisataan menjadi salah satu penyumbang devisa tinggi di Indonesia. Sektor itu bisa menjadi faktor penting bagi percepatan pembangunan, di antaranya infrastruktur dan transportasi, demi pemerataan kesejahteraan dan penyerapan lapangan kerja.

Peringatan ulang tahun pertama PHRI Kota Magelang, antara lain ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pergelaran tarian tradisional.

"Peringatan HUT Ke-49 PHRI tahun ini, merupakan ulang tahun yang diperingati pertama kali oleh DPC PHRI Kota Magelang," kata Ketua DPC PHRI Kota Magelang Edi Hamdani.

Ia menyebut tiga harapan PHRI terkait dengan peringatan itu, yakni pihaknya bermanfaat bagi para anggota, diperhitungkan oleh pemerintah, berani bersama-sama menghadapi permasalahan.

Ketua DPD PHRI Jawa Tengah Heru Isnawan menilai kiprah PHRI Kota Magelang saat ini sudah bagus, salah satunya ditunjukkan melalui kemitraan yang terjalin dengan baik antara PHRI dan pemerintah, serta pemangku kepentingan lainnya.

Perhatian Pemerintah Kota Magelang terhadap PHRI setempat, ujarnya, juga sudah baik.

"Kerja sama dengan PHRI sudah sangat baik. Dalam dunia pariwisata, kepercayaan adalah modal utama. Bagaimana menanamkan kepercayaan itu tidak mudah, dan saya lihat PHRI Kota Magelang sudah menanamkan hal itu," katanya. (hms)


Pewarta : Maximianus Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024