Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara, Jawa Tengah, mengingatkan seluruh masyarakat di daerah ini mengenai adanya peningkatan potensi hujan hingga beberapa hari ke depan.

"Masyarakat agar mewaspadai peningkatan potensi hujan, khususnya yang tinggal di wilayah rawan bencana," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rahman di Banjarnegara, Kamis.

Dia menambahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat akan meningkat di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah.

Untuk itu, masyarakat Banjarnegara diimbau untuk mewaspadai dampak peningkatan potensi hujan.

"Karena dikhawatirkan potensi banjir, longsor, genangan, banjir bandang, dan pohon tumbang juga turut meningkat," katanya.

Terlebih lagi, kata dia, sebagian wilayah di Banjarnegara merupakan kawasan yang rawan bencana longsor.

"Belakangan ini juga telah terjadi sejumlah bencana di Banjarnegara, seperti longsor dan pergerakan tanah," katanya.

Sementara itu, BMKG memprakirakan adanya potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia mulai dari 16-18 Februari 2018.

Hal tersebut diketahui berdasarkan pantauan kondisi terkini dinamika atmosfer.

BMKG juga meminta masyarakat berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari.



Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024