Purwokerto (Antaranews Jateng) - Harga beras kualitas medium di pasar tradisional kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berangsur turun seiring dengan mulai lancarnya pasokan dari petani.

Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Kamis, harga beras kualitas medium I yang sebelumnya mencapai kisaran Rp13.250--Rp13.500 per kilogram, saat ini turun menjadi Rp12.500 per kilogram.

Sementara harga beras medium kualitas II yang sebelumnya mencapai kisaran Rp12.750--Rp13.000 per kilogram, turun menjadi Rp12.000 per kilogram.

Demikian pula di Pasar Wage, harga beras kualitas medium I yang sebelumnya mencapai Rp12.000 per kilogram, turun menjadi Rp11.750 per kilogram, sedangkan kualitas medium II turun dari Rp11.500 per kilogram menjadi Rp11.250 per kilogram.

Salah seorang pedagang beras, Novi mengatakan penurunan harga beras terjadi karena pasokan dari petani mulai lancar seiring dengan datangnya masa panen.

"Saat sekarang sudah banyak petani yang telah panen sehingga pasokan mulai lancar sehingga harganya berangsur turun meskipun masih relatif tinggi," katanya.

Ia memperkirakan harga beras makin turun dalam beberapa pekan ke depan karena telah masa panen raya sehingga harga beras dapat kembali normal pada kisaran Rp9.000 per kilogram.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas Widarso memperkirakan masa panen raya akan berlangsung mulai akhir bulan Februari hingga Maret sehingga diharapkan berdampak terhadap penurunan harga beras di pasaran. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024