Magelang (Antaranews Jateng) - Kader Siaga Trantib Kota Magelang meraih juara I dalam Lomba KST tingkat Jawa Tengah pada 2018 yang diikuti 35 kabupaten dan kota di provinsi itu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkot Magelang Singgih Indri Pranggana di Magelang, Senin, mengatakan KST Kota Magelang dalam penilaian kejuaraan tersebut pada tahun ini diwakili oleh Kelurahan Magersari.

"Setiap tahun kita menunjuk KST bergantian dari kelurahan-kelurahan. Tahun ini yang ditunjuk Kelurahan Magersari," katanya.

Tim KST Kelurahan Magersari yang terdiri atas tujuh orang, terlebih dahulu mengikuti tahapan penilaian. Tim penilai datang langsung ke kelurahan tersebut pada 18 Januari lalu untuk melakukan penilaian terhadap beberapa hal, antara lain administrasi, keterlibatan semua pihak dengan KST, dan berbagai tugas KST.

"Hasil dari penilaian tersebut, kita dinyatakan sebagai juara I. Piala dan penghargaan diserahkan saat apel gelar pasukan Satpol PP di Banyumas beberapa waktu lalu," kata Singgih.

Keberadaan KST di Kota Magelang berdasarkan Keputusan Wali Kota Magelang Nomor 300/65/112 Tahun 2015 tentang Kader Siaga Trantib (KST), sedangkan tugasnya antara lain membantu Satpol PP dalam mendeteksi dini permasalahan gangguan di lingkungan masyarakat, mencegah dan melaporkan kondisi keamaan serta ketertiban lingkungan.

Sekretaris Satpol PP Pemkot Magelang Retno Rini mengatakan setiap kelurahan memiliki KST dengan pembentukan secara serentak pada 2015.

Kelurahan Magersari yang pada tahun ini menang lomba KST Jateng memiliki keunggulan, antara lain aktif, kompak, dan secara efektif membantu kegiatan Satpol PP.

Dengan prestasi tersebut, selanjutnya Satpol PP memperkuat jalinan kerja sama dan mengoptimalkan peranan KST-KST.

"Untuk yang KST belum meraih prestasi, diharapkan bisa terus meningkatkan kinerja mereka. Kami juga akan terus melakukan motivasi dan mendorong melalui kader-kader yang ada," katanya.

Sekretaris KST Kelurahan Magersari Endang Winarti mengaku tidak menyangka dapat meraih juara I Lomba KST tingkat Provinsi Jateng

"Selama ini kami hanya berusaha melakukan kegiatan dengan semaksimal mungkin, terutama dalam membantu Satpol PP memantau kondisi keamanan dan ketertiban lingkungan. Caranya, yakni dengan pencegahan dini, lapor dini, dan bergerak secara cepat," katanya.

Kegiatan rutin yang selama ini dilaksanakan KST Kelurahan Magersari, antara lain "sambang ndalu", keliling/ronda ke rukun warga, inspeksi ke berbagai tempat indekos, membantu masyarakat menangani pelanggaran, sosialisasi perda, menangani masalah yang dilaporkan masyarakat, dan pencerahan kepada masyarakat yang bermasalah. (hms).


Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024