Semarang (Antaranews Jateng) - Para pegiat wisata diajak berpartisipasi dalam Program "Jateng Wow" dengan memromosikan berbagai potensi dan destinasi pariwisata yang ada di daerah masing-masing guna menarik minat wisatawan berkunjung.

"Semua pelaku pariwisata bisa mempromosikan destinasi wisata yang ada di Jateng, termasuk juga memberikan layanan hotel dan transportasi nyaman, serta kuliner enak sehingga wisatawan lokal maupun asing penasaran dan tertarik piknik ke Jateng," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa.

Ganjar menjelaskan bahwa Program "Jateng Wow" bertujuan untuk mengungkit ekonomi melalui pariwisata dan para wisatawan yang datang mendapat potongan harga besar-besaran pada periode Januari-Maret 2018, baik oleh pihak hotel, transportasi, restoran maupun pendukung pariwisata lainnya.

Melalui Program "Jateng Wow" ini, Ganjar juga berharap wisatawan yang datang juga memotret berbagai kondisi di Jateng sehingga menarik minat untuk berkunjung, sekaligus berinvestasi dengan mudah, cepat, dan tidak ada pungutan liar.

"Jadi kalau stres mending piknik, daripada piknik jauh-jauh ayo ke Jawa Tengah," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Orang nomor satu di Provinsi Jateng itu juga mengajak semua lapisan masyarakat menjadikan Program "Jateng Wow" sebagai trending topik di berbagai media sosial.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jateng Urip Sihabudin menambahkan, Program "Jateng Wow" merupakan strategi promosi pariwisata yang kali pertama dilakukan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Provinsi Jateng.

Dengan adanya Program "Jateng Wow", para wisatawan bisa mengunjungi Candi Borobudur, Dataran Tinggi Dieng, dan objek wisata lainnya dengan beragam kemudahan seperti keringanan paket wisata, potongan harga untuk hotel, restoran, biro perjalanan, dan biaya masuk objek wisata.

"Pelaku wisata serentak melakukan promosi, misalnya menginap di hotel selama tiga hari dua malam membayar dua malam, potongan harga dari restoran dan agen perjalanan. Hal ini yang membuat `Jateng Wow` ini beda, dan program Jateng Wow ini harus kita gencarkan publikasinya melalui media sosial," tuturnya.

Disporapar Jateng mencatat hingga awal Februari 2018, Program "Jateng Wow" didukung sebanyak 160 peserta, terdiri atas 98 hotel, 10 restoran, 28 daya tarik wisata, 23 biro perjalanan, dan tiga pengusaha transportasi.


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024